Mayoritas Pertanian Masih Sistem Tadah Hujan

Senin, 11 Mei 2015 - 00:00:12 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Penyebaran areal tanaman padi di kabupaten Rokan Hilir, Riau secara umum banyak terdapat di daerah yang berkategori sebagai kawasan pesisir seperti kecamatan Sinaboi, Bangko dan lain-lain.

"Untuk luasan lahan padi berdasarkan data 2013 terdapat seluas sekitar 12.709 hektare yang terutama terdapat di daerah pesisir," kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) kabupaten Rohil Ir Muslim, Senin (11/5) di Bagansiapiapi. 

Keberadaan persawahan yang banyak di daerah pesisir tidak terlepas dari kecenderungan tanaman padi yang masih tergantung dengan sistem tadah hujan dan memanfaatkan air sungai.

Meskipun begitu menurut Muslim terdapat juga pertanian dengan sistem pengairan yang lebih baik dengan memanfaatkan pompanisasi seperti di daerah kecamatan Rimba Melintang. 

"Untuk wilayah sebaran tanaman padi umumnya terdapat di 12 wilayah kecamatan se-kabupaten Rohil dan yang dipesisir berupa sawah dengan pengairan yang memanfaatkan tadah hujan atau mengunakan sistem pasang surut," jelas Muslim.

Jika digolongkan berdasarkan pada sistem pengairan maka menurut Muslim terdapat tiga sistem pengairan sawah dimana untuk pengairan lebak terdapat di lahan dengan total sekitar 802 hektar, sementara dengan sistem tadah hujan sekitar 5.052 hektare dan dengan sistem pasang surut sekitar 6.853 hektare.

Pihaknya kedepan akan mendorong agar terjadinya sistem pengairan yang lebih baik bagi petani yakni tidak hanya mengandalkan curah hujan atau musim saja tapi bagaimana sudah bisa memanfaatkan teknologi agar hasil yang diperoleh bisa meningkat. Distanak terangnya berupa agar saluran irigasi bisa diperbaiki baik primer maupun sekunder dengan begitu sistem pertanian sudah bisa menjalani panen lebih dari dua kali dalam setahun. [tris]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT