5 Pertanyaan yang Menjebak Saat Wawancara Pekerjaan

Senin, 11 Mei 2015 - 00:00:11 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Saat melamar pekerjaan, Anda akan melalui beberapa tahap seleksi seperti pemeriksaan berkaslamaran, wawancara, tespsikologi,hingga akhirnya menandatangani kontrak bekerja di perusahaan 

tersebut.

Proses paling krusial dari tahapan seleksi itu adalah wawancara pekerjaan, karena kamu akan duduk face to face dengan pihak personalia atau mungkin pimpinan perusahaannya langsung.
Tetapi jangan bingung, bila kamu bisa memasuki tahapan wawancara, itu tandanya kamu sudah punya kans untuk bisa bekerja di perusahaan itu.

Justru kamu harus mempersiapkan diri untuk menghadapi wawancara tersebut agar kans kamu untuk masuk ke perusahaan tersebut semakin besar.

Proses wawancara ini akan menjadi penentu mengapa mereka harus memperkerjakan kamu di perusahaan tersebut. Jadi baiknya simak lima pertanyaan menjebak yang sering ditanyakan oleh pihak perusahaan saat 

mewawancarai kamu: 

1. Akan jadi apa Anda lima tahun lagi?
Pertanyaan ini terkesan mudah tapi lumayan tricky alias menjebak. Inibiasanya ditanyakan pewawancara untuk mengetahui apakah calon karyawan punya visi dan misi untuk masa depan, terutama berhubungan dengan 

karir.

Kamu bisa menjawab secara bijaksana kalau kamu ingin membuat posisi kamu lebih baik dari sekarang dan ada peningkatan karir yang membuat kamu lebih berkembang. 


Ingat jawaban haruslah dikemas dengan baik dan jangan terlihat kalau kamu terlalu ambisius.

2. Seandainya perusahaan ini akan mengalami kebangkrutan atau dalam masalah keuangan, bagaimana sikap Anda?
Pertanyaan ini sekaligus untuk mengetahui apakah kamu cukup bisa diandalkan saat perusahaan mengalami kesulitan dan juga memperkirakan apakah kamu cukup loyal terhadap perusahaan.

Kamu bisa menjawab kalau kamu sangat menghargai pekerjaan yang biasanya diberikan, dan itu juga terjadi di perusahaan tempat kamu bekerja sebelumnya. Jika perusahaan ini menerima kamu, 

kamu akan berusaha bekerja sebaik-baiknya untuk menghindari kebangkrutan. Kamu juga bisa menambahkan kalau perusahaan yang miliki sumberdaya bagus dan selalu menghargai usaha karyawannya tidak perlu untuk menghadapi kesulitan, karena ada hubungan emosional yang erat.

3. Mengapa Anda ingin bekerja disini dan keluardari pekerjaan lama?
Nah, pertanyaan ini pasti akan membuat kamu sedikit tertegun kalau tidak mempersiapkan jawabannya terlebih dahulu. Para pewawancara ingin mengali informasi soal alasan kamu meninggalkan perusahaan sebelumnya.

Yang harus diingat jangan pernah menjelek-jelekkan perusahaan tempat kamu bekerja sebelumnya.  Kamu bisa menjawab kalau kamu ingin sesuatu yang baru dan pemasukan yang lebih tinggi yang kebetulan ditawarkan oleh perusahaan sipewawancara. Kamu meyakini perusahaan baru akan membuat kamu lebih berkembang dan bisa lebih mengeksplorasi bakat-bakat terpendam kamu.

4. Berapagaji yang kamu harapkan?
Sebelum kamu menjawab, kamu harus meyakinkan diri kalau gaji yang kamu harapkan lebihtinggi daripekerjaan sebelumnya. Namun kamu juga harus mengetahui kalau semua perusahaan memiliki standar gaji yang 

diukur dari pendidikan dan juga pengalaman kerja. Makin besar sebuah perusahaan, maka makin besar biasanya gaji karyawannya.

Kamu bisa memberikan informasi mengenai gaji yang kamu inginkan secara jujur. Biasanya akan ada pertimbangan dari perusahaan itu seandainya gaji yang kamu minta terlalu tinggi dan mereka membutuhkan kamu. 

Negosiasi biasanya akan dilakukan perusahaan tersebut dan kamu disarankan untuk tidak membuang kesempatan yang satu ini.

5. Bersediakan Anda memulai kerja dari posisi dibawah lagi?
Ini berhubungan dengan ego dan keinginan kamu untuk bekerjasama dengan kondisi apapun. Nah kalaukamu benar-benar ingin mendapatkan pekerjaan tersebut, kamu bisa mengatakan kalau memulai dari awal tidaklah masalah, selama itu untuk kemajuan karir. Selain itu kamu bisa menambahkan kalau posisi bawah memungkinkan kamu untuk lebih mengenal kondisi perusahaan. 

Sekarang, tunggu apalagi? Hadapi pewawancara kamu dengan semangat dan percayadiri! Simak juga tips mengenai karier lainnya di HaloMoney! [Arinsa Garnetta]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT