Pembukaan MTQ ke-15 Tingkat Rohul di Purna MTQ Riau Meriah

Ahad, 10 Mei 2015 - 00:00:10 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Pembukaan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-15 tingkat Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) di Purna MTQ Riau Kota Pasirpangaraian, Rabu (8/4/15) malam, sama meriahnya dengan Pembukaan MTQ tingkat Riau pada 2013 silam. Pembukaan dilakukan oleh Bupati Rohul Drs. H. Achmad M.Si.

Ribuan masyarakat dari berbagai daerah tumpah ruah di lokasi MTQ di Lapangan Dataran Tinggi Rantau Baih, Desa Pematang Berangan, Kecamatan Rambah.

MTQ ke-15 tingkat Rohul dibuka dengan Tari Persembahan melibatkan ratusan pelajar perempuan, yakni pelajar sekolah dasar dan pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) dari berbagai sekolah di Kecamatan Rambah.

Dalam laporannya, Ketua Panitia MTQ ke-15 tingkat Rohul, Syaiful Bahri, juga Asisten II Setdakab Rohul mengatakan MTQ Rohul tahun ini diikuti sebanyak 456 peserta (qori dan qoriah) dan 98 official. Peserta merupakan perwakilan dari 16 kecamatan.

Syaiful mengungkapkan bahwa Pelaksanaan MTQ tingkat Rohul tahun ini digelar selama enam hari, dibuka pada 8 April dan baru berakhir 13 April 2015 akan datang.

Kepala Kantor Wilayah Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Provinsi Riau Tarmizi Tohor mengapreasi kinerja Bupati Rohul dalam menerapkan berbagai program keagamaan. Menurutnya, hal itu adalah sebagai salah satu upaya dalam menekan angka buta membaca Alquran.

"Saya mengharapkan, dari MTQ tingkat kabupaten ini lahir qori dan qoriah handal dari Rokan Hulu yang akan bertanding di MTQ tingkat Riau di Kabupaten Siak tahun ini," kata Tarmizi dalam sambutannya.

Tarmizi juga menyarankan Pemkab Rohul untuk tetap melakukan pengembangan surau suluk sebagai sarana pendidikan masyarakat dan anak-anak.

Sementara itu, Bupati Rohul Achmad mengatakan MTQ bukan seremonial belaka. Namun, lebih dari itu, melalui momentum MTQ, dia mengajak masyarakat dalam membangun spirit atau semangat, termasuk mengamalkan nilai-nilai Alquran. Dalam mengamalkan nilai-nilai Alquran, diakuinya, MTQ saja tidak cukup. Sebab itu, perlu dilakukan pendekatan terhadap nilai-nilai Alquran.

"Dari itu kita terapkan langkah kebijakan, yakni Tahfiz tingkat SMP, dan akan dilanjutkan Tahfiz tingkat SMA. Kita juga akan dirikan STIQSI (Sekolah Tinggi Ilmu Quran Syekh Ibrahim)," kata Bupati Achmad.

"Kita ingin anak-anak tidak saja bukan hanya hafal Alquran, tapi lebih mengerti ilmu-ilmu Alquran," tambahnya.

Menurut Achmad, sumber daya manusia (SDM) yang berlimpah ruah tidak menjamin kemajuan daerah. Namun SDM berkualitas yang akan menentukan kemajuan suatu daerah.

Dari itu, dalam mencetak SDM, lebih dulu perlu dicetak tenaga pendidik dan mengerti menjalan informasi teknologi. Sehingga kedepan, putra/putri Rohul tidak lagi gagap teknologi. Mereka dapat mengakses jendela dunia.

"Dari itulah kita dirikan STIQSI. Perpustakaan digital juga menjadi satu-satunya di Provinsi Riau," jelasnya.

Achmad mengatakan MTQ bukan untuk mencapai puncak juara saja, namun disamping itu juga untuk membumikan Alquran di tengah-tengah masyarakat. Dia mengharapkan, MTQ sebagai uji keilmuan. "Gunakan momentum atau wadah ini untuk mengembangkan diri," himbaunya.

Dia menambahkan bahwa MTQ tingkat Kabupaten Rohul juga mencari bibit-bibit unggul dan berkualitas juara. Pasalnya, para pemenang akan menjadi duta Rohul di MTQ tingkat Riau yang akan dilaksanakan di Kabupaten Siak. Rohul sendiri sudah dua tahun berturut-turut memboyong piala bergilir MTQ Riau, yakni MTQ Riau 2013 dan MTQ Riau 2014.

"Insyaallah, piala Gubernur Riau kita boyong kembali ke Rohul untuk ketiga kalinya. Ini perlu usaha sungguh-sungguh, dan perlu dibantu oleh Kemenag," harap Bupati Achmad dan berterima kasih kepada pedagang karena ikut meramaikan MTQ ke-15 tingkat Rohul.

Sebelum acara ditutup, berbagai atraksi hebat mengisi acara, seperti atraksi Marching Band Gita Karya Praja Satuan Polisi Pamong Praja Rohul. Serta diakhiri Tari Massal melibatkan 500 pelajar dari sejumlah SMP dan SMA di Kecamatan Rambah.

Untuk diketahui, Pembukaan MTQ ke-15 tingkat Rohul turut dihadiri Dandim 0313 KPR, Ketua DPRD Rohul Nasrul Hadi ST,MT, Wakil Bupati Rohul ir. H. Hafith Syukri MM, Anggota DPRD Riau Magdalisni Achmad, Sekdakab Rohul Ir. Damri Harun, serta seluruh unsur Forkompinda Rohul dan kalangan pejabat di lingkungan Pemkab Rohul.

Usai pembukaan MTQ, Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Rohul Drs. H. Ahmad Supardi Hasibuan MA menjelaskan pada MTQ Rohul tahun ini ada 5 cabang besar atau 30 sub cabang MTQ dilombakan, terdiri cabang Tilawah dibagi 10 sub cabang putra/ putri, cabang Tahfiz dibagi 10 sub cabang putra/ putri, cabang Kaligrafi dibagi 8 sub cabang putra/ putri. Kemudian cabang Fahmil dan Sarhil. [adv/hum]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT