Yang Harus Diketahui Sebelum Pindah Kerja

Rabu, 29 April 2015 - 00:00:09 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Kamu sudah mulai memikirkan pindah ke tempat kerja yang baru? Atau sudah ada tawaran yang lebih menggoda dibanding tempat kerja sekarang? Adalah suatu hal yang normal untuk memutuskan pindah kerja karena manusia selalu berkeinginan mendapatkan yang terbaik. Tetapi nanti dulu, sebelum kamu memutuskan, banyak hal yang kamu harus pikirkan.

Ya, pindah kerja bukanlah hal yang bisa dianggap sepele karena butuh yang namanya pemikiran matang. Jangan sampai kamu terlanjur mengambil keputusan namun akhirnya kecewa kerena tempat kerja yang lama ternyata lebih baik dibanding tempat yang baru. Maklum, terkadang rumput tetangga jauh lebih hijau dibanding rumput di rumah kita sendiri.

Nah, sebelum mengambil keputusan, ada baiknya kamu mengetahui hal-hal dibawah ini.

  • Prospek Tempat Baru

Kamu harus mengetahui dengan pasti bagaimana prospek alias masa depan tempat kerja yang baru. Apakah ada kemungkinan bertahan hingga jangka waktu yang lama? Atau saat ini sedang sekarat kondisi keuangannya? Jangan sampai kamu hanya bertahan beberapa bulan di tempat kerja yang baru karena perusahaan mengalami kebangkrutan.

Kamu juga harus berpikir dan menganalisa soal jenis bisnis yang dijalankan oleh calon tempat baru. Apakah bisnis itu akan punya masa depan yang baik, atau akan cepat digantikan jenis bisnis lainnya. Cek juga kompetitornya supaya kamu bisa lebih tahu lebih dalam.

  • Fasilitas

Tentu saja sebelum pindah, kamu harus tahu fasilitas apa yang ditawarkan di tempat kerja yang baru. Sebagai pegawai, kamu berhak mendapatkan asuransi kesehatan, asuransi hari tua, jatah lembur, uang makan, tunjangan transportasi, dan lain-lain. Pastikan kamu mendapatkan semua fasilitas dan kalau bisa, fasilitas itu lebih baik dibanding tempat kerja lama.

  • Pikirkan dengan Jernih, Jangan dengan Emosi

Banyak kasus dimana orang memutuskan pindah kerja dengan perasaan marah atau emosi yang tak terkontrol. Yang dipikirkan hanyalah harus pindah secepatnya dari tempat lama karena bos menyebalkan, gaji yang terlalu kecil atau sering bertengkar dengan teman kerja yang sok tahu.

Sebelum pindah kerja, kamu harus berpikir secara jernih dan logis. Jangan sampai terbawa emosi. Biasanya perkiraan yang kamu buat akan sering salah bila keputusan kamu ambil secara terburu-buru.

  • Lokasi Kerja 

Pastikan lokasi kerja tempat baru mudah dijangkau. Jangan sampai kamu mendapatkan gaji yang besar di tempat baru, tetapi habis sia-sia untuk membeli bensin mobil atau motor karena jarak yang jauh dan macet pula.

Lokasi kerja yang ideal adalah yang gampang dijangkau dan juga ramah terhadap alat transportasi umum. Kamu tidak perlu sering-sering membawa mobil dan motor ke kantor dan cukup memakai kendaraan umum saja. Selain lebih menghemat, kamu tidak perlu stres menghadapi kemacetan.

  • Tenaga Kontrak atau Tenaga Tetap

Pastikan kamu tahu akan dipekerjakan dengan sistem kontrak atau tetap. Banyak perusahaan yang lebih suka memperkerjakan karyawannya dengan sistem kontrak dibandingkan mengangkat karyawannya menjadi karyawan tetap. Alasannya, sistem kontrak akan membuat para pekerja lebih rajin karena ada penilaian setiap periode tertentu apakah si karyawan itu mampu bekerja atau tidak. Sementara, sistem karyawan tetap cenderung membuat si karyawan malas karena alih-alih dia sudah diangkat dan sulit bagi perusahaan untuk memecatnya.

Untuk kamu yang menginginkan hidup nyaman dan teratur, kamu lebih cocok menjadi karyawan tetap karena tidak akan ada masalah soal jaminan pekerjaan dan gaji – pertimbangkan juga jika kamu sedang mengambil kredit untuk perumahan atau lainnya. Tetapi kalau kamu lebih suka berpetualang, menjadi karyawan kontrak lebih tepat karena kamu bisa mencari pekerjaan baru manakala sudah bosan di tempat lama. [Arinsa Garnetta-http://www.halomoney.co.id/pinjaman-kpr]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT