Sungai Ini Penghasil Batu Mulia Terbaik di Indonesia

Selasa, 28 April 2015 - 00:00:12 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Indonesia kaya akan sumber daya alamnya. Mulai dari tumbuhan, hewan hingga bebatuan. Indonesia juga negara penghasil batu permata yang indah. Batu permata atau juga dikenal dengan sebutan batu akik hingga kini sangat terkenal di dunia karena memiliki aneka warna yang bagus dibandingkan dari negara lain.

Sungai-sungai dari pegunungan mengalirkan material berharga yang akhirnya mengkristal dan membentuk batu mulia. Berikut ini Sungai di Indonesia yang menghasilkan batu akik dan batu mulia terbaik :

Sungai Maja - Banten

Kabupaten Banten, menghasilkan batu Opal Kalimaya yang sangat indah. Batu ini di temukan di penambangan batu di sepanjang aliran Sungai Maja secara tradisional oleh penduduk lokal. Begini lebih bagus daripada diexplorasi oleh perusahaan asing. Jawa Barat juga terkenal akan Akik Garutnya dan beberapa produk batu chrysophase atau Garut Hijau yang cukup terkenal.

Sungai Dareh - Dharmasraya, Sumatera Barat

Sungai Dareh berada di Nagari Sungai Dareh, Kecamatan Pulau Punjung, Dharmasraya, Propinsi Sumatera Barat. Menurut cerita masyarakat setempat, Aliran air Sungai Dareh adalah berasal dari Rawang Laweh yang apabila turun hujan mampu menghanyutkan seekor kerbau. Oleh karena itu, masyarakat sekitar kemudian membuat aliran ke Sungai Batang Hari dan digunakan pula untuk mengairi sawah. Sebelumnya, masyarakat setempat kesulitan menyebrangi sungai ini karena derasnya aliran air tersebut maka kemudian sungai tersebut diberi nama Sungai Dareh, namun kini sudah dibangun jembatan untuk menghubungkan Pulau Punjung ke Sungai Dareh.

Sungai Dareh sejak 50 tahun lalu terkenal sebagai penghasil batuan Idocrase terbaik, yang terkenal dengan sebutan batu Sungai dareh. Warna batu sungai dareh setidaknya ada 68 warna. Jenis yang sangat populer adalah kumbang jati dan pucuk pisang.

Sungai Keladen - Pacitan Jawa Timur

Aliran sungai di daerah Pacitan sering kali ditemukan berbagai macam jenis batuan mulia, faktor iklim dan letak geografis yang menyebabkan Pacitan memiliki kekayaan batuan alam yang sangat beragam. Batuan yang berjenis Chalcedony ini berwarna muda dengan bias sinar yang lembut dan memiliki serat yang dinamakan punggung atau cangkang kura-kura.

Sungai Ciliwung - Jakarta

Sungai Ciliwung merupakan sungai purba yang mendapat pasokan air dari kali Pesanggrahan, Cisadane dan Cibeet. Sungai ini sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Disepanjang aliran sungai ini banyak di temukan batu akiki jenis Pandan, Suji, dan Chalcedony.

Sungai Klawing - Purbalingga,Jawa tengah

Batu Klawing adalah jenis batu akik yang banyak ditemukan diwilayah Purbalingga Jawa Tengah tepatnya di sungai Klawing. Sungai Klawing sendiri merupakan sungai utama yang berada di wilayah Purbalingga Jateng, melintas purbalingga dari arah utara ke selatan dan bermuara pada bertemunya sungai Serayu dan Klawing.

Di sepanjang sungai itulah berbagai jenis batuan semi mulia dengan beraneka ragam warna di temukan dan siap dibentuk menjadi aneka perhiasan seperti batu cincin dan liontin. Sebenarnya batu kelawing ini ada bermacam-macam atau terdiri dari berbagai jenis seperti jenis batu akik panca warna, nagasui, Jasper, Hematite, Citrine, Crystal Quartz.

Sungai Bogowonto - Purworejo, Jawa Tengah

Sungai Bogowonto dikenal menjadi salah satu penghasil batu mulia, namun potensi itu belum sepenuhnya dikembangkan.Daerah ini banyak terdapat batu akik jenis Agathe, Pancawarna, Ginggang, Badar Besi, Bulu Monyet, Nogosui dan Suiseki

Sungai Luk Ulo - Kebumen, Jawa Tengah

Selain Bogowonto, ada juga Sungai Luk Ulo Kebumen.Yang kaya akan batu akik jenis Agathe, Pancawarna, Ginggang, Badar Besi, Bulu Monyet, Bulu Macan, Nogosui dan Suiseki.
Sungai Girindulu (Ponorogo, Jawa Timur)

Sungai Girindulu yang mengalir di Kabupaten Ponorogo dan Pacitan memiliki kandungan mineral batuan yang luar biasa. Di sepanjang aliran sungai ini bertebaran batu akik Jenis Agathe, Chalcedony, Keladen, Carnelian, dan Jasper. Sejak tahun 60 an Pacitan terkenal sebagai daerah penghasil batu akik terbaik. [psb]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT