428 Kepsek Ikuti Rakor se-Kabupaten Bengkalis

Senin, 27 April 2015 - 00:00:08 WIB
Share Tweet Google +

Loading...

Metroterkini.com - Sebanyak 528 orang Kepala Sekolah mengikuti rapat koorinasi di Gedung Kesenian Cikpuan, Kota Bengkalis, Senin (27/4). Rakor berlangsung hingga Rabu (29/4).

Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh berkesempatan menyampaikan kata sambutan dalam Rakor Kepsek tersebut.

Dalam kata sambutannya, bupati mengatakan, Kepala Sekolah (Kepsek) sangat penting dalam memajukan lembaga yang dipimpinnya.

“Bila kualitas pendidikan di suatu sekolah belum baik, maka dapat disimpulkan bahwa salah satu penyebabnya kualitas kepemimpinan Kepsek juga belum baik,” tegas Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh.

Menurut bupati, Kepsek bertanggung jawab dan mempunyai kewajiban untuk berusaha agar semua potensi yang ada di sekolahnya dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya demi tercapainya tujuan yang diharapkan.

“Menjadi salah satu faktor penting yang dapat mendorong sumber daya sekolah untuk mewujudkan visi, misi, tujuan, dan sasaran sekolah,” terang Herliyan.

Untuk itu, imbuh Herliyan, Kepsek harus mampu memobilisasi sumber daya sekolah. Baik itu dalam kaitannya dengan perencanaan dan evaluasi program, pengembangan kurikulum, pembelajaran, pengelolaan ketenagaan, sarana dan sumber belajar, keuangan, pelayanan siswa, hubungan dengan masyarakat, dan penciptaan iklim sekolah.

“Dengan demikian dapat dipahami bahwa peran Kepsek sebagai leader, harus memiliki beberapa kemampuan. Baik dari segi kepribadian, pengetahuan terhadap tenaga kependidikan, visi dan misi sekolah, keputusan dan berkomunikasi,” ujar Herliyan.

Sementara itu, dalam laporannya Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis, H Herman Sani menjelaskan, rapat yang diikuti Kepsek Negeri dan Swasta itu diikuti 528 Kepsek, terdiri dari Kepsek Taman Kanak-Kanak (60 orang), SD (335), SMP (95),  SMA/SMK (68), serta kepada UPTD dan Pengawas Pendidikan dari 8 kecamatan.

“Tujuannya agar terciptanya sinergisitas dan pemahaman bersama antara Kepsek dalam rangka meningkatkan kualitas pembangunan pendidikan di Kabupaten Bengkalis,” jelas Herman Sani. [rdi]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT