Bujang dan Dara Inhu Berlangsung Meriah

Rabu, 22 April 2015 - 00:00:15 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Kegiatan final usai melaui beberapa tahapan dan seleksi, akhirnya  sebanyak 28 peserta kembali bersaing dalam  Final Pemilihan Bujang dan Dara Inhu tahun 2015, yang digelar di Gedung  Kesenian Rengat, Selasa (21/4).

Dalam ajang yang rutin diadakan setiap tahun tersebut, cukup menyedot perhatian masyarakat untuk hadir menyaksikan langsung, siapa yang akan terpilih menjadi  Bujang dan Dara  Inhu tahun 2015. Hadir sekaligus membuka secara resmi Plt. Sekda Kab. Inhu H. Agus Rianto, SH dengan didampingi Kajari Teuku Rahman, Dandim 0302 Inhu Letkol Inf. Edison S Sinabutar, S.Sos, beberapa anggota DPRD, Kepala Dinas, Kepala Badan, beberapa Camat serta para pemerhati seni Kabupaten Inhu.

Mengawali kegiatan itu, Kepala Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata Kab. Inhu, Armansyah menjelaskan bahwa pelaksanaan malam Final Bujang dan Dara ini merupakan ajang tahunan yang pada dasarnya bertujuan untuk memunculkan remaja-remaja Inhu yang berprestasi dan nantinya akan menjadi duta dalam memperkenalkan lebih luas pariwisata serta budaya dari Kabupaten Inhu.

Selain itu, ditambahkannya bahwa sebelum pelaksanaan malam final pemilihan ini dilaksanakan, seluruh peserta yang berjumlah 28 bujang dan dara yang berasal dari 7 kecamatan di Inhu yang ikut serta, sebelumnya telah dikarantina selama 3 hari sejak tanggal 19-20/4/2015 di Hotel Danau Raja Rengat. Berbagai materi juga  diberikan diantaranya wawasan seni dan kebudayaan,bahasa Inggris, ketrampilan, psikologi dan pengetahuan lainnya. Nantinya, bujang dan dara yang terpilih akan diikutsertakan dalam ajang Bujang dan Dara tingkat Provinsi yang menurut rencana akan digelar di bulan Mei mendatang.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekda Kab. Inhu H. Agus Rianto, SH berharap agar melalui ajang ini, para peserta dapat menampilkan bakat serta potensi diri yang dimiliki sehingga nantinya Bujang dan Dara terpilih, selain mampu mempromosikan dunia pariwisata Inhu, diharapkan juga mampu mensosialisikan berbagai program-program pemerintah yang sampai saat ini masih berjalan.

Dirinya juga berpesan, khususnya kepada para dewan juri agar dapat benar-benar selektif dalam menilai sekaligus menentukan siapa yang layak untuk menjadi bujang/dara Inhu. Sehingga, nantinya dalam ajang di tingkat Propinsi mampu memberikan yang terbaik dan mampu diandalkan bagi Kabupaten Indragiri Hulu. Setelah mengakhiri sambutannya dengan membacakan sebuah pantun, Plt. Sekda H. Agus Rianto, SH resmi membuka pelaksanaan malam Final Pemilihan Bujang dan Dara Inhu Tahun 2015.

Berdasarkan penilaian dewan juri sejak masa karantina kemarin, dari 28 peserta, terpilih 8 finalis yang berhasil masuk dalam babak 8 besar. Dalam tahapan itu sendiri, masing-masing bujang dan dara diberikan berbagai pertanyaan yang dipilih secara acak dengan berbagai macam materi pertanyaannya. Setelah menunggu cukup begitu lama, akhirnya suara keriuhan serta ketegangan penonton  ramai terdengar pada saat pembawa acara membacakan peraih peringkat juara dari harapan I, juara III, juara II dan juara I.

Dari hasil penilaian para juri, untuk peringkat harapan I diraih oleh Bujang Asrtha S.Pd dari Kecamatan Rengat dan Dara Winda Sagita dari Kecamatan Peranap dan mendapatkan dana pembinaan masing-masing sebesar Rp 1.500.000,-. Untuk juara ketiga berhasil diraih oleh Bujang Ilham Noveirza dari Kecamatan Lirik dan Dara Fransiska Elvi Mareza dari Kecamatan Rengat dengan memperoleh dana pembinaan masing-masing sebesar Rp 2.000.000,-.

Keriuhan suara penonton serta pendukung masing-masing peserta semakin bergemuruh pada saat detik-detik penentuan siapa yang akan menjadi Bujang dan Dara Inhu tahun 2015. Akhirnya berdasarkan keputusan dewan juri, Bujang dan Dara Kabupaten Inhu tahun 2015 berhasil diraih oleh Bujang Muhammad Merizal Rifai dari Kecamatan Rengat dan Dara Febri Tri Anggraini juga dari kecamatan yang sama dengan memperoleh dana pembinaan masing-masing sebesar Rp 4.000.000,-.

Sedangkan untuk juara kedua, diraih oleh Bujang  dari Kecamatan Kelayang, Agung Firnando dan Dara dari Kecamatan Rengat Uci Andari  dengan masing-masing mendapatkan dana pembinaan sebesar Rp 3.000.000,-. Dalam malam final tersebut,  juga terpilih sebagai juara favorit adalah Dara Hesti Afrizah dari Kecamatan Rengat. [setia]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT