Pemkab Rohul Canangkan IBI KB-Kes 2015 di 16 Kecamatan

Rabu, 08 April 2015 - 00:00:06 WIB
Share Tweet Google +

Loading...

Metroterkini.com - Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Pemkab Rohul) programkan Pencanangan Ikatan Bidan Indonesia Keluarga Berencana Kesehatan (IBI KB-Kes) Tahun 2015. Kegiatan ini akan dilaksanakan 16 kecamatan selama tiga bulan.

IBI KB-Kes diprakarsai Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Kabupaten Rohul dengan tema "Bidan Mengawal 1.000 Hari Pertama Kehidupan Mewujudkan Generasi Berkualitas" telah dibuka oleh Bupati Rohul Drs. H. Achmad M.Si di Gedung Wanita Pasirpangaraian, Selasa (7/4).

Pada sosialisasi KB di hari pertama bertindak sebagai narasumber penyuluhan yakni perwakilan dari BKKBN Riau Armel Oksa. Sosialisasi diikuti oleh anggota IBI dan UPTD Dinkes dari 16 kecamatan. Pada kegiatan itu juga dibuka pelayanan KB bagi 200 peserta dari 4 kecamatan, yakni Kecamatan Rambah, Rambahsamo, Rambah Hilir, dan Bangunpurba.

Bupati Rohul Achmad mengatakan mindset masyarakat "Banyak anak banyak rezeki" merupakan pepatah lama, dan sudah tidak berlaku lagi saat ini. Pasalnya, dengan keterbatasan pangan, dan mahalnya biaya pendidikan saat ini, maka perlu dilakukan pengendalian populasi.

Dengan banyaknya bayi rentan penyakit, diperlukan pengawalan dan peningkatan pelayanan oleh petugas kesehatan. KB bukan hanya program pemerintah, namun telah menjadi kebutuhan bagi masyarakat.

"Dari itu perlu dilakukan peningkatan pelayanan kepada masyarakat," kata Bupati Achmad.

Orang nomor satu di Rohul ini mengakui semasa dia menjabat Camat di Kabupaten Indragiri Hilir, kebehasilan diukur dari banyaknya Camat mengajak masyarakat untuk ikut ber-KB. Terutama, bagi pasangan subur.

"Yang dihadapi sekarang masalah pelayanan. Saya mengimbau seluruh petugas Posyandu untuk memberikan pelayan terbaik. Anggota PKK juga harus ikut mengajak ibu-ibu ikut ber-KB," ajaknya.

Bupati Achmad menambahkan, seperti Yunani, meski negara miskin, namun negara itu menghasilkan banyak ilmuwan terkenal, seperti Aristoteles, Plato, dan masih banyak lagi.

"Apalagi, besarnya suatu negeri ditentukan oleh manusia yang besar di negeri itu. Maka diperlukan ilmu yang baik, kesehatan baik, dan pendidikan yang baik," ujarnya.

Bupati Achmad menambahkan pelayanan KB di Kabupaten Rohul termasuk terbaik dan teraktif di Provinsi Riau. Dia mengajak seluruh elemen masyarakat ikut mensukseskan program KB.

Sementara itu, Kepala BKBPP Rohul H. Yulihesman SS menjelaskan IBI KB-Kes akan dilaksanakan tiga bulan kedepan di 16 kecamatan. Di hari pertama, difokuskan di 4 kecamatan, yakni Kecamatan Rambah, Rambah Hilir, Rambahsamo, dan Kecamatan Bangunpurba.

Yulihesman mengatakan di hari pertama, 200 peserta KB mendapatkan pelayanan KB gratis, terdiri 115 implan, 25 IUD, pil, Medis Operasi Wanita (MOW) dilaksanakan di RSUD Pasirpangaraian, dan sedikit Medis Operasi Pria (MOP).

Menurut dirinya, jika dilayani di luar IBI KB-Kes, untuk memasang implan saja, bisa dikenai biaya antara Rp150 ribu hingga Rp200 ribu.

Yulihesman menambahkan untuk pelayanan KB di kecamatan akan dipusatkan di Puskesmas. Namun, tidak menutup kemungkinan akan dilaksanakan di Posyandu atau tempat berkumpul kalangan ibu-ibu. [adv/hum]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT