Berselimut Mistik, Batu Semar Raksasa di Pendopo Bojonegoro

Berselimut Mistik, Batu Semar Raksasa di Pendopo Bojonegoro

Metroterkini.com - Sebuah batu raksasa ditanam di depan Pendopo Kabupaten Bojonegoro dan menyimpan sejuta misteri. Batu yang dijuluki Batu Semar itu kini menjadi daya tarik untuk wisatawan.

Di akhir pekan atau hari libur, selalu ada warga yang mengunjungi batu yang beratnya juga simpang siur. Ada yang menyebut 80 Ton, namun ada pula yang menaksir 200 ton itu.

Tak ketinggalan, mereka berfoto ria hingga selfie berlatar belakang batu yang menghiasi sisi timur Alun-alun Bojonegoro itu. Batu istimewa ini memiliki ukuran panjang kurang lebih 4 meter, lebar 4 meter dan tinggi 3 meter.

Yang pasti Bupati Suyoto yang juga politisi PAN ini menyimpan alasan khusus 'berani' memboyong batu raksasa dari kawasan hutan di Dusun Bendotan, Desa Krondonan, Kecamatan Gondang.

Suyoto sebelumnya sempat mengatakan, bahwa batu yang dinamai Semar itu akan digunakan sebagai prasasti Alun-alun sebagai simbol "Tekad untuk Terus Berkarya".

Untuk memboyongnya, dikerahkan alat berat dan kendaraan trailer. Informasi yang dihimpun, beredar kepercayaan di masyarakat asal batu berada bahwa bentuknya menyerupai dengan tokoh wayang Semar.

Bahkan, informasi yang belum bisa dikonfirmasi kebenarannya jika batu tersebut konon memiliki hubungan spiritual dengan 'penguasa' Gunung Pandan, yakni Eyang Gendro Sari, yang tak jauh dari lokasi asal batu. [dtv]

Berita Lainnya

Index