Mengenal Tradisi Presean, Gladiatornya Orang Lombok

Jumat, 03 April 2015 - 00:00:14 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Tradisi Gladiator ala Italia ternyata bisa juga ditemukan dab dilakukan oleh warga Indonesia. Nama dari tradisi ini dikenal dengan nama Presean, tradisi yang biasa dilakukan oleh para pemuda di Pulau Lombok. Tradisi Presean sampai sekarang masih dilestarikan, sebagai bentuk persembahan kepada para tamu istimewa yang hadir di suatu acara resmi atau di festival-festival Lombok.

Tradisi ini sudah dikenal sejak Lombok masih menjadi sebuah kerajaan yang bertujuan untuk mencari para pemuda-pemuda Lombok yang ingin menjadi prajurit kerajaan. Pemuda yang terbaiklah yang dipilih menjadi prajurit kerajaan.

Dalam pertandingan Presean akan dipimpin 2 orang wasit dan dua petarung. Para petarung akan ditunjuk secara acak oleh wasit yang bersedia memimpin pertandingan. Jika pada saat pemilihan acak tersebut penonton yang ditunjuk tidak bersedia maka dilakukan pemilihan lagi, hingga ditemukan 2 petarung.

Senjata yang pergunakan dalam tradisi ini adalah pecutan yang terbuat dari rotan dan perisai sebagai pelindung dari serangan lawan.

Siapa yang terluka terlebih dahulu itulah yang kalah. Lain halnya dengan kedua petarung yang sama-sama tidak terluka mengeluarkan darah, maka akan dihitung skor dari setiap pecutan yang mengenai tubuh lawannya.

Kekerasan dalam tradisi Presean  bukan bertujuan untuk berbalas kekerasan dan meluapkan emosi kepada lawan, tetapi tradisi ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa persahabatan dan sportifitas di kalangan pemuda Lombok. [describeindonesia.com]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT