Polda Riau Amankan 46,5 Kg Sabu dan Tiga Tersangka

Kamis, 02 April 2015 - 00:00:16 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Awal tahun 2015 Polda Riau dinilai telah menorehkan prestasi yang telah berhasil mengamankan 46,5 kg sabu dengan tiga tersangka pengedar narkoba yang diduga jaringan internasional karena melibatkan satu warga negara Malaysia, NHdan dua wanita WNI inisial Y dan Is.

Penangkapan yang dilakukan Direktorat Reserse Narkoba Polda Riau, Nh warga negara asing (WNA) Malaysia yang tengah menginap di salah satu hotel di Jalan Soekarno Hatta, Pekanbaru, Kamis (02/04/15). Hasil penangkapan tersebut, petugas menyita 46,5 kilogram narkotika jenis sabu-sabu senilai ratusan milliar rupiah. 

Kapolda Riau, Brigadir Jenderal Polisi Dolly Bambang Hermawan, menyampaikan pengungkapan jaringan internasional ini sukses dibongkar petugas setelah melakukan penyelidikan selama dua hari. 

"Sabu-sabu itu disimpan tersangka di dalam dua tas besar merk Apollo. Masing-masingnya dibagi menjadi 93 paket plastik bening. Setiap paket berisikan sekitar 500 gram sabu-sabu. Jika ditotalkan, nilainya mencapai Rp180 milliar," kata Dolly ketika menggelar jumpa pers di kantor Dit Res Narkoba Polda Riau, Kamis (2/4/15). 

Menurut Kapolda, narkotika jenis sabu dibawa langsung oleh tersangka dari Malaysia menggunakan speed boat dan masuk melalui pelabuhan rakyat tidak resmi. Sesampainya di Indonesia, tersangka kemudian membawa barang tersebut ke Kota Pekanbaru. Selanjutnya tersangka menghubungi dua orang wanita WNI asal Dumai. Keduanya diminta oleh tersangka untuk datang ke Pekanbaru dengan menumpang sebuah travel sewaan. 

Upaya ketiganya berhasil digagalkan petugas saat dua wanita itu ikut diringkus saat sampai di Pekanbaru. Masih menurut Dolly, rencananya sabu-sabu dalam jumlah banyak tersebut akan dibawa ke Palembang atas perintah tersangka NH. 

Saat ini Polda telah menetap tiga tersangka satu WNA asal Malaysia inisial NH dan dua wanita WNI inisial Y dan Is. "Kita masih terus melakukan pengembangan penyidikan karena tersangka termasuk jaringan narkotika internasional," kata Dolly. [**rtc]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT