Bupati Bengkalis Akan Lantik IPHI Mandau

Kamis, 02 April 2015 - 00:00:15 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Jika tak ada aral melintang, Minggu (5/4) lusa, Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh akan melantik Pengurus Ikatan Persaudaran Haji (IPHI) Kecamatan Mandau masa bakti 2015-2020. Kegiatan tersebut akan dipusatkan di Gedung Bathin Betuah Kompleks Kantor Camat Mandau, Duri.

Selain bupati, sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis, menurut informasi, juga diundang untuk menghadiri helat lima tahunan IPHI Mandau tersebut.

Hal ini seperti dilansir Kepala Bagian Humas Pemkab Bengkalis, Johansyah Syafri, Kamis (3/4) siang, Herliyan Saleh yang bergelar Datuk Setia Amanah Junjungan Negeri.

Namun, Johan belum mengetahui siapa saja pejabat yang akan mendampingi orang nomor satu di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini.

“Kalau tidak ada perubahan, insya Allah Bupati juga akan hadir pada pelantikan IPHI Mandau periode 2015-2010. Tapi siapa saja pejabat yang akan mendampinginya, setakat ini saya belum 

mendapat informasi,” jelas Johan, Kamis (2/4).

Di hari yang sama, selain dijadwalkan menghadiri pelantikan IPHI Mandau, imbuh Johan, Bupati juga akan mengikuti gerak jalan santai bersama warga Mandau.

Sesuai informasi yang diterimanya, gerak jalan tersebut, jelas Johan lagi, juga dilaksanakan IPHI Mandau.

Secara terpisah, Kepala Bagian Kesejahteraan Pemkab Bengkalis, H Eri Kusuma Pribadi menjelaskan, jumlah Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kabupaten Bengkalis tahun 2015 sebanyak 499 orang. Sedangkan dari Mandau 260 orang atau 52,10 persen.

Namun jelas mantan Sekretaris Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bengkalis ini, data tersebut belumnya final. Masih bersifat sementara.

“Pasalnya kuota resmi dari pemerintah hingga saat ini belum kita terima. Mudah-mudahan seluruhnya dapat termasuk dalam kuota,” jelas Eri Kusuma Pribadi.

Terkait keberangkatan CJH Kabupaten Bengkalis tahun 2015, beberapa waktu lalu Bupati menjelaskan, Pemkab Bengkalis mengalokasikan bantuan untuk subsidi sebesar Rp. 1.344.674.500 atau meningkat 91,60 persen dari tahun 2014 yang hanya berjumlah Rp. 701.806.000.

Dana tersebut sebagai bantuan di luar Ongkos Naik Haji (ONH) yang memang menjadi kewajiban masing-masing JCH. Adapun yang disubsidi Pemkab Bengkalis adalah biaya tranportasi lokal JCH dari Kabupaten Bengkalis ke embarkasi Hang Nadim Batam (Provinsi Kepulauan Riau) dan sebaliknya.

"Termasuk biaya konsumsi selama perjalanan menuju Batam saat keberangkatan maupun dari Batam ke kecamatan asal waktu kepulangan dari tanah suci", jelas Herliyan, ketika membuka Musabaqah Tilawatil Qur'an  ke-41 tingkat Kecamatan Mandau, di Kelurahan Batang Serosa, Duri, Minggu (29/3) malam lalu. [rdi]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT