Peneliti Temukan Tetes Mata untuk Melihat dalam Gelap?

Rabu, 01 April 2015 - 00:00:19 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Night vision atau kemampuan melihat sesuatu di dalam gelap selama ini hanya dimiliki oleh hewan tertentu seperti kucing dan burung hantu. Namun sekelompok peneliti independen mengklaim berhasil menemukan tetes mata yang dapat memberikan efek serupa pada manusia.

Bila diteteskan, cairan ini diyakini dapat membantu manusia agar dapat melihat dalam gelap, meskipun hanya dalam hitungan beberapa jam saja. Kendati demikian, kelompok peneliti yang menamakan dirinya Science of Masses itu mengatakan temuan mereka ini masih sebatas percobaan.

Bahan utamanya adalah Chlorin e6. Senyawa kimia ini terkandung di dalam tubuh ikan-ikan yang tinggal di laut terdalam, sehingga mereka tetap bisa 'berkeliaran' di bawah air yang konon sangat gelap. Kemudian oleh tim peneliti Science of Masses, Chlorin e6 yang telah diekstrak ini dikombinasikan dengan insulin dan cairan garam. 

Temuan ini telah diujicobakan pada seorang sukarelawan bernama Gabriel Licina. Tetes mata tadi dimasukkan ke dalam kantung konjungtiva Licina (kantung konjungtiva terletak di antara kelopak dan bola mata) sehingga cairannya bisa langsung terserap ke dalam retina.

Setelah diteteskan, bola mata Licina tampak menghitam, namun dalam hitungan detik, warna hitam itu menghilang dengan sendirinya. Kemudian pria ini diajak ke tengah hutan dan diminta melakukan sejumlah tes, terutama untuk melihat sesuatu dengan jarak dan latar belakang yang berbeda-beda.

"Mereka meminta sejumlah orang untuk berdiri di tengah hutan dengan jarak tertentu. Dan dalam jarak 50 meter, saya dapat mengetahui di mana mereka berada, bahkan ketika mereka berdiri di belakang pohon," ungkap Licina. [dtc]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT