Camat Bukit Batu Lantik Lima Pejabat Kades

Rabu, 01 April 2015 - 00:00:08 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Camat Bukit Batu Muhammad Fadlul Wajdi, Selasa (31/3) siang, mengambil sumpah dan melantik Penjabat Kepala Desa (Pj Kades) Dompas, Buruk Bakul, Parit I Api-Api, Sepahat, dan Api-Api. Pelantikan tersebut dipusatkan di Desa Api-Api.

Kelima Pj Kades tersebut, Taufik Hidayat (Dompas), Rafendi (Buruk Bakul), Nurzaman (Parit I Api-Api), Muhammad Ali (Sepahat), dan Sarlan (Api-Api).

Hadir dalam penlantikan tersebut, Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh, Sekretaris Daerah H Burhanuddin, Kadispenda H Umran, Kadis Kesehatan M Syukri, dan Kadis Tata Kota, Tata Ruang dan Pemukiman, Emri Juli Harnis.

Herliyan dalam kata sambutannya mengingatkan para Pj kades, meskipun sifatnya sementara, namun tanggungjawabnya sama sebagaimana Kades defenitif. Begitu pula tugas, wewenang, hak, dan kewajibannya.

“Seorang Pj Kades juga harus menjadi panutan, teladan dan bekerja keras untuk masyarakat seperti Kades defenitif. Harus dapat menyelenggarakan pemerintahan, melaksanakan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat desa dengan sebaik-baiknya,” pesan Bupati.

Ditambahkan Bupati yang bergelar adat Setia Amanah Junjungan Negeri ini, Kades merupakan salah satu pilar kokohnya penyelenggaraan otonomi daerah. Maka dari itu, Herliyan mengingatkan para Pj Kades agar aspiratif, kreatif, inovatif dan cepat tanggap terhadap perkembangan situasi dan kondisi masyarakatnya.

“Tumbuhkembangkan terus partisipasi dan peranserta aktif masyarakat di desa masing-masing. Karena, salah satu ukuran keberhasilan pembangunan itu adalah meningkatnya partisipasi dan swadaya masyarakat dari waktu ke waktu, bukan sebaliknya,” papar Herliyan.

Serahkan ambulance

Sempena menghadiri pelantikan kelima Pj Kades itu, pada kesempatan itu Herliyan menyerahkan 5 unit ambulance untuk Puskesmas UPTD Kesehatan Sungai Pakning, Desa Sungai Selari, Dompas, Api-Api, dan Parit I Api-Api.

Kemudian, secara simbolis menyerahkan kunci rumah layak huni dan kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat Daerah kepada warga yang berhak menerimanya.

Sebanyak 24 unit rumah layak huni tipe 36 diberikan kepada24 kepala keluarga yang tersebar di 7 desa di kecamatan Bukit Batu. Masing-masing Tenggayun (4 KK), Sepahat (4), Api-Api (4), Parit I Api-Api (2), Buruk Bakul (4), Bukit Batu (2) dan Bukit Kerikil (4). (Rudi).


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT