Bupati Rohul: Kecintaan Masyarakat Terhadap Al Quran Makin Tinggi

Selasa, 31 Maret 2015 - 00:00:19 WIB
Share Tweet Google +


Metroterkini.com - Bupati Rokan Hulu (Rohul) Drs. H. Achmad M.Si, pada Senin (30/3/15) malam, resmi menutup pelaksanaan MTQ Kecamatan Rambah XV tahun 2015. Bupati memuji pelaksanaan MTQ Tingkat Rambah yang dinilainya paling meriah.

Kegiatan yang dipusatkan di Astaka Utama MTQ Kecamatan Rambah XV di halaman kantor Desa Pematang Berangan, dihadiri ribuan warga dari 13 desa dan 1 kelurahan se- Rambah, terlihat antusias hadiri penutupan MTQ tingkat Rambah.

Pada penutupan itu, selain dihadiri Bupati Rohul Achmad, juga hadir Sekda Rohul, Ir Damri Harun MM, para Kepala Dinas, Badan dan Kantor di lingkungan Pemkab Rohul, Camat Rambah Arie Gunadi, Upika Rambah, Kepala Desa, Pemuka Adat, Tokoh Masyarakat se Kecamatan Rambah dan lainnya.

Suasana penutupan MTQ khidmat, saat ayat suci Alquran dikumandangkan para juara Tilawah Alquran diawal acara. Selain itu, penampilan pemenag Syahril Quran memaparkan pidato berjudul "Konsep Pemimpin Dari Sisi Alquran" membuat para tamu terkesima.

Bupati Achmad dalam sambutannya mengatakan, dia memuji MTQ Kecamatan Rambah yang dinilainya hampir menyamai MTQ tingkat kabupaten Rohul. Sebutnya lagi, dengan tingginya antusias masyarakat menandakan tingginya kecintaan masyarakat terhadap Al Quran di bumi Negeri Seribu Suluk Rohul.

"Antusias masyarakat menandakan Islam semakin syiar di negeri kita ini, kita harapkan antusiasme ini tidak hanya terjadi pada saat MTQ saja, tapi lebih kepada sikap mental untuk terus membaca dan mengamalkan Al Quran dalam kehidupan sehari-hari," terang Bupati Achmad.

Camat Rambah, Arie Gunadi dalam sambutannya mengatakan, bahwa suksesnya pelaksanaan MTQ kecamatan rambah ini, tidak lepas dari kerjasama dari seluruh komponen masyarakat di Kecamatan Rambah seperti panitia setempat, pemerintah desa serta seluruh masyarakat Rambah.

Arie Gunadi berharap, melalui momentum MTQ ini bisa menularkan semangat kepada generasi muda di Kecamatan Rambah untuk menjadi generasi yang qurani, itu sesuai tema yang diusung dalam MTQ Kecamatan Rambah.

"Kita berharap, MTQ ini nantinya bisa menjadi semangat generasi muda untuk menjadi generasi-generasi yang Qurani," harap Arie.

Pada penutupan MTQ Kecamatan Rambah XV, Bupati Rohul juga menyerahkan piala bergilir MTQ Kecamatan Rambah kepada juara umum tuan rumah Desa Pematang Berangan. Dimana nantinya, para juara MTQ Kecamatan Rambah ini otomatis akan mewakili Kecamatan Rambah di MTQ Tingkat Rokan Hulu Ke 15 Pada 10 April 2015 mendatang.

Desa Pematang Berangan Raih Juara Umum

Di helatan MTQ XV tingkat Kecamatan Rambah, tuan rumah Desa Pematang Berangan berhasil sabet juara umum, setelah mengungguli 12 desa daan 1 kelurahan di kecamatan Rambah.

Berhasilnya menyabet juara umum, tidak hanya disambut antusias dari masyarakat Desa Pematang Berangan, namun gelar juara umum tersebut sebagai pelepas dahaga juara, bagi Desa Pematang Berangan yang berada di Ibukota Kabupaten Rohul.

Diakui Kepala Desa Pematang Berangan, Maisar, dirinya berharap agar juara umum di MTQ Kecamatan Rambah Ke XV yang sudah diraih, jadi harapan besar warga desa Pematang Berangan.

"Maklum saja, walaupun berada berada di ibukota kabupaten dengan kelengkapan segela infrastruktur agama dan pendidikannya, namun desa ini belum pernah meraih sukses dari 14 kali keikutsertaanya di ajang tahunan ini," jelas Maisar.

Maisar mengaku dirinya puas, karena sudah berhasil tebus puasa gelar juara dari 15 kali keikutsertaan desanya di ajang MTQ kecamatan. Menurutnya, tak hanya menjawab harapan warga, prestasi ini juga menebus rasa letih selama menggelar MTQ di rumah sendiri.

"Saya sangat berterimakasih ke masyarakat yang mendukung pelaskanaan MTQ ini sehingga bisa berjalan sukses dan lancar, prestasi ini, tentunya mejadi jawaban apa yang kita lakukan selama ini," jelas Maisar.

Di ajang MTQ Kecamatan Rambah XV di Desa Pematang Berangan keluar sebagai juara umum, setelah mengalahkan Desa Rambah Tengah Utara (RTU) dan juara tahun lalu Desa Babusalam. selain juara MTQ, Desa Pematang Berangan juga berhasil meraih juara pertama pawai takruf dengan menyisihkan Desa Koto Tinggi dan Rambah Tengah Hilir.

MTQ Kepenuhan Ditutup Asisten Ekbang

Selain di kecamatan Rambah, pada malam yang sama, pelaksanaan MTQ Kecamatan Kepenuhan yang diikuti 12 desa dan 1 kelurahan, juga resmi ditutup Asisten Ekonomi Pembangunan (Ekbang), Drs Syaiful Bahri. Pada MTQ tersebut, Kelurahan Kota Tengah berhasil menyabet juara umum, sedangkan untuk tingkat sekolah juara umum diraih Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Kecamatan Kepenuhan.

MTQ tingkat Kecamatan Kepenuhan, berbagai pertandingan didominasi peserta dari kelurahan Kota Tengah, untuk pemenang pawai taaruf diraih Kelurahan Kota Tengah, dan berhak meraih hadiah Rp5 juta. Sedangkan juara kedua pawai taaruf dimenangkan Sesa Sei Mandian, juara 3 Desa Kepenuhan Timur. [adv-humas]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT