Susu Tidak Sepenuhnya Penuhi Kalsium Anak

Selasa, 31 Maret 2015 - 00:00:05 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Susu selama ini dianggap telah cukup untuk memenuhi kebutuhan kalsium anak, anggapan itu tidak semuanya benar. Sebuah laporan terbaru dari The Physicians Committee for Responsible Medicine (PCRM) mengatakan pernyataan tersebut salah.

Susu memang  mengandung kalsium yang merupakan nutrisi penting untuk menjaga tulang dan gigi supaya sehat dan kuat. Pemerintah Amerika Serikat (AS) bahkan mewajibkan susu sebagai bagian dari Program Nasional Makan Siang Sekolah. Aturan ini mengharuskan siswa minum secangkir susu bebas lemak atau rendah lemak ketika makan siang.

"Susu itu tinggi gula, tinggi lemak, dan tinggi protein hewani yang jika hanya susu yang dikonsumsi rutin, maka memiliki efek negatif pada kesehatan," kata Presiden Komite Dokter PCRM, Dr Neal Barnard, dilansir dari Time for Kids, Selasa (31/3). 

Barnard menambahkan anak-anak sebaiknya memperoleh kalsium dari sumber yang bervariasi, seperti makan kacang-kacangan, brokoli, sereal, dan tahu. Jus jeruk dan susu kedelai juga mengandung nutrisi yang bereaksi positif jika dicampur dengan kalsium.

"Satu-satunya alasan orang berbicara susu adalah karena susu membantu membangun tulang kuat. Namun, susu saja bukan cara terbaik mendapatkan kalsium yang dibutuhkan tubuh Anda," kata Barnard.

Ahli gizi lainnya, Keri Gans mengatakan susu memang terbukti memiliki nutrisi, namun harus disertai makanan lain yang memiliki nutrisi yang sama. [rol]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT