Pesawat Drone Facebook Layani Pengguna di Desa Tanpa Internet

Pesawat Drone Facebook Layani Pengguna di Desa Tanpa Internet

Metroterkini.com - Belum lama ini, pendiri jejaring sosial populer Facebook - Mark Zuckerberg telah berhasil melakukan uji coba pada pesawat tanpa awak di langit Inggris.

Pesawat jenis Drone tersebut dirancang untuk menyediakan koneksi ke pedesaan dan daerah yang belum terhubung internet. Yang mengusung sistem laser sehingga koneksi internet dapat diakses.

"Sebagai bagian dari upaya proyek Internet.org kami untuk menghubungkan dunia, kami telah merancang pesawat tak berawak yang dapat mengakses internet untuk orang-orang dari langit," kata Zuckerberg dalam sebuah posting blog, seperti dikutip The Antara (30/3).

"Kami telah berhasil menyelesaikan uji terbang pertama kami dengan pesawat ini di Inggris," tambah dia.

Diketahui bahwa Drone tersebut dibuat oleh Ascenta yang notabene merupakan perusahaan khusus drone dengan tenaga surya. Perusahaan tersebut berdiri di Somerset. Sekadar informasi, Facebook telah mengakuisisi Acenta pada bulan Maret tahun 2014 lalu.

Drone milik Facebook tersebut mampu terbang pada ketinggian 60.000 kaki selama berbulan-bulan dengan tenaga surya. Selain itu, memiliki sayap lebih dari 29 meter atau lebih besar dari Boeing 737, namun memiliki berat kurang dari mobil.

"Pesawat seperti ini akan membantu menghubungkan seluruh dunia karena mereka dapat menjangkau dan melayani 10 persen dari populasi dunia yang hidup di daerah terpencil tanpa infrastruktur internet," kata Zuckerberg. [**mdc]

Berita Lainnya

Index