Pedagang Batu Akik Pasar Kanoman Tidak Nyaman Pindah Dekat Los Ayam

Senin, 30 Maret 2015 - 00:00:02 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Baru satu pekan diresmikan Gedung Batu Akik di Pasar Kanoman, Kota Cirebon, Jawa Barat, sebagai pusat perdagangan batu akik khas Cirebon sepi ditinggal penjual.

Saat ini tidak ada aktivitas jual beli batu akik. Hanya ada bangku, meja, dan spanduk bekas peresmian gedung, padahal gedung Batu Akik itu diresmikan oleh Sultan Kanoman ke-XII, Gusti Sultan Raja Mohammad Emirudin, pada Minggu (22/3/15) lalu.

Salah seorang pedagang pakaian di dekat Gedung Batu Akik itu mengatakan keramaian jual beli batu akik hanya terjadi dua hari setelah gedung diresmikan.

Menurutnya, keramaian gedung tersebut juga hanya terjadi di saat peresmian gedung lantaran ada hiburan musik yang disiapkan panitia.

"Cuma dua hari ramainya, terus habis itu pada bubar," ujar pedagang yang tidak mau menyebutkan nama di Pasar Kanoman, Kota Cirebon, Jawa Barat.

Menurut pedagang batu akik ini, kesepian ini terletak gedung batu akik itu tidak strategis dan kurang nyaman.

"Gedung batu akik Kanoman terlalu masuk ke dalam. Tempat parkirnya juga tidak nyaman. Selain itu, tempat batu akiknya gabung dengan penjual sayur, ikan, pakaian, dan lainnya. Jadi penjual tidak nyaman," kata pedagang batu akik.

Meski demikian, pedagang mengaku siap dipindahkan ke tempat yang disediakan. Asalkan tempat berdagang batu akik lebih nyaman untuk pedagang dan pembeli, karena pemebeloi batu akik adalah orang intelek.(mtv/bb)

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT