Bacan Halmahera Dijual Melebihi Harga Mas Murni

Jumat, 27 Maret 2015 - 00:00:06 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Harga batu Bacan kini melampaui harga emas, untuk dapat memiliki satu buah batu Bacan ini dengan kualitas biasa saja dengan ukuran tak lebih dari tiga sentimeter harus merogoh kantong uang lebih dari Rp 1 juta.

Namun, jika ingin mendapatkan Batu Bacan kualitas super dengan ukuran lebih besar, setidaknya harus memiliki uang minimal Rp500 juta, artinya sudah mahal dari Emas 99,99 Karat.

Yang lebih lucunya Batu Bacan ini diperjualbelikan hanya di pedagang batu emperan, lalu kenapa harga Batu Bacan sangat mahal?

Seorang pengrajin yang juga kolektor Bacan asal Ternate, harga batu Bacan menjadi sangat mahal karena batu itu memiliki keunikan tersendiri.

Batu Bacan dipercaya sebagai batu yang hidup karena dapat mengubah dirinya secara perlahan. "Jika dipakai, warna Bacan bisa berubah menjadi lebih indah, warna hijau akan lebih menyala," ujar kolektor ini.

Selain itu, tingkat kejernihan batu itu juga dapat berubah jika sering dipoles dan dipanaskan.

"Kalau kita pakai, Bacan akan semakin bening dan jernih, karena Bacan mendapatkan suhu panas dari tubuh kita," kata Yakub.

Pada dahulu, batu Bacan hanya sebuah batu biasa dan tidak memiliki nilai apapun. Pedagang di Kot Ternate kerap membagi-bagikan batu itu secara gratis kepada masyarakat.

Namun kini, batu Bacan bagikan seorang putri cantik dan pejabat dipuja hingga harganyapun jadi selangit.(bb)


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT