PKK Miliki Peran Strategis Dalam Pembangunan Desa

PKK Miliki Peran Strategis Dalam Pembangunan Desa

Metroterkini.com - PKK ditingkat Desa maupun kelurahan mempunyai strategis dalam menyukseskan pembangunan di wilayahnya masing-masing. Peran itu termaktub melalui 10 Pokok Program PKK yang wajib dilaksanakan.

Demikian disampaikan oleh Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Bengkalis, Hj. Romaini Herliyan saat melantik Herda Durimadona sebagai Ketua TP. PKK Kecamatan Bengkalis dan Forum Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) serta penganugerahan Bunda PAUD Kecamatan Bengkalis, Selasa (24/3) di aula kantor Camat Bengkalis.

Tampak hadir Camat Bengkalis Djamaluddin, Ketua HIMPAUDI Bengkalis, Hj. Fatimah Johar, dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Bengkalis, Hj. Gustina Yanti.

"PKK memiliki peran penting dalam pembangunan keluarga terutama di tingkat desa, karenanya 10 program pokok itu harus dilaksanakan secara baik," ujarnya.

Menurutnya, kesejahteraan keluarga menjadi tujuan utama PKK. Hal ini karena keluarga merupakan unit terkecil masyarakat yang akan berpengaruh besar terhadap kinerja pembangunan. Dari keluarga yang sejahtera ini, maka tata kehidupan berbangsa dan bernegara akan dapat melahirkan ketentraman, keamanan, keharmonisan, dan kedamaian.

"Dengan demikian, kesejahteraan keluarga menjadi salah satu tolok ukur dan barometer dalam pembangunan," kata Romaini.

Dikatakan, PKK mempunyai peran untuk membantu pemerintah Desa dan Kelurahan dalam meningkatkan kesejahteraan lahir batin menuju terwujudnya keluarga yang berbudaya, bahagia, sejahtera, maju, mandiri, dan harmonis serta mempunyai peran dalam menumbuhkembangkan potensi dan peran perempuan dalam meningkatkan pendapatan keluarga.

"Selain itu, peran PKK sebagai penggali, pengembang potensi masyarakat khususnya keluarga, pembina, motivator, serta penggerak prakarsa, gotong royong dan swadaya perempuan dalam pembangunan," terang Romaini lagi.

Secara khusus, istri Bupati Bengkalis ini juga meminta agar PKK di desa-desa dapat menggalakkan Pendidikan Anak Usia Dini. Menurutnya, anak usia dini menentukan dalam pembentukan generasi yang berkualitas. 

Keberhasilan anak usia dini merupakan landasan bagi keberhasilan pendidikan pada jenjang berikutnya. Usia ini merupakan usia emas bagi seseorang, artinya bila seseorang pada masa ini mendapat pendidikan yang tepat, maka ia memperoleh kesiapan belajar yang baik," tandasnya.

Agar PAUD berjalan secara optimal, perlu adanya kerjasama yang komprehensif dan sinergis dari semua unsur yang terkait, salah satunya peningkatan kualitas guru PAUD.

"Perlu ditingkatkan wawasan guru PAUD pada seluruh jenjang administrasi mulai dari kecamatan sampai desa/kelurahan," pungkas Romaini. [rdi]

Berita Lainnya

Index