Sejarah Ilmiah Asal Mula Batu Bacan Terbentuk

Selasa, 24 Maret 2015 - 00:00:06 WIB
Share Tweet Google +

Loading...

Metroterkini.com - Batu Bacan Doko Asli dengan ciri khas berwarna biru gelap hingga saat ini terus menjadi incaran eksportir asal China, hal ini karena harganya mencapai termahal hingga ratusan juta rupiah untuk berkualitas terbaik.

Asal mula batu dan sejarah di tambang di pulau Bacan adalah Batu Bacan Doko Hitam menyerupai irisan Cincau ada juga warna blue elektrik sedikit berbeda dengan Batu di pulau Palamea berwarna khas Hijau Lumut.

Sementar asal mula terbentuknya Batu Akik Bacan Doko merupakan hasil pembekuan karang, lumut dan pakis tenggelam di dasar laut sejak ratusan juta tahun lampau kemudian semua bahan pembentuk menjadi fosil keras alias membeku menjadi Batu seperti Giok transparan membentuk corak garis mengisi bagian dalam Batu Akik sehingga tampil indah menawan.

Mau percaya atau tidak banyak warga China mepercayai batu asal Indonesia ini menjadi obat dan berkhasiat mengobati baik Fisik maupun mental.

Batu bacan ini sudah dikenal sejak tahun 1960an, oleh warga setempet, Batu bacan ini terdapat di pulau Kasiruta bukan pulau Bacan, karena pusat pemerintahan terdapat di Labuha, pulau Bacan maka batu tersebut dinamai batu bacan.

Pada masa itu, jenis batu bacan yang digemari masyarakat adalah warna hati hiu, kembang super dan warna biru, kenapa dikatakan batu bacan warna kembang super?  karena terdiri atas 3-4 warna.

Dahulu saja, batu bacan tidak dihargai semahal seperti sekarang karena dulu tidak ada pembeli lokal dan pembeli dari luar daerah seperti China, stelah di China batu ini dijual sangat mahal, karena dipoercayai bisa sebagai obat.

Pada saat itu, tidak ada masyarakat yang mencari nafkah mencari batu bacan (penambang) dan wisatawan ini mebelinya, namun di China sendiri bagi yang memakai dan mebeli sangat mahal merekatidak tahu batu ini berasal dari Indonesi.

"Belakangan kami baru tahu setelah warga Indonesia sendiri ramai membicarakan ini," Ujar salah seorang warga China, Aliang (57th).(bs)

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT