Warga Aceh Berbagi Ilmu Keaslian Batu Kalimaya Banten

Selasa, 24 Maret 2015 - 00:00:06 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Belakangan sebulan terakhir Batu Black Oval Kalimaya yang dikenal Kalimaya Banten santer di dibicarakan masyarakat pencinta batu, bahkan ada yang nekat seperti warga Aceh ini sampai kelokasi tambang di Banten, Dollah warga Aceh Utara yang langsung kelokasi itu mendapatkan sejumlah pengetahuan tentang batu yang berkilau ini.

Misalnya tanda keaslian batu dapat buktikan dengan menggunakan tes sederhana saat berada di tambang atau toko perhiasan khususnya batu alam berharga seperti Kalimaya ini.

"Hal penting yang harus kita perhatikan untuk mencoba melihat keistimewaan ciri-ciri kalimaya ini dengan cara cepat agar kita bisa membedakan batuan asli dan batuan buatan (palsu)," Jelas Dollah, Selasa (4/3/15).

Salah satunya menempelkan Kotoran seperti Cat,  dimana sifat batuan berharga adalah tahan terhadap bahan cat atau minyak untuk pembuktian bisa menggunakan cat yang ditempelkan di batu kalimaya maka jika diusap tidak akan menimbulkan bekas.

"Selain itu serat Batu, batuan buatan yang terbuat dari bahan sintetis palsu tidak memiliki serat sehingga bila kita lihat sangat bening dan sangat berkilau.

Dujelaskan dollah, karakteristik kalimaya memiliki berat namun untuk ciri-ciri batu palsu tidak meimiliki berat sehingga terasa ringan, namun ada juga batu Kalimaya Balck Oval dari banten ini yang belum jadi terlihat seperti kayu yang membatu.

"Kalau yang belum jadi ini seperti katu saja, dan lengket kena cat, ini Kalimaya yang belum jadi," Jelasnya.

Dan jikalau kita ingin membuktikan lebih lanjut dan dijamin keasliannya kita bisa langsung ke laboratrorium khusus yang bisa melihat kandungan zat dalam batuan alam,

"Yang aslsi arga batu kalimaya yang sesuai dengan ciri-ciri di atas berkisar antara 50 ribu hingga 15 juta rupiah untuk 1 buah mata cincin biasa," Jelasnyalagi.

Untuk pemula disarankan Dollah agar tidak mengambil resiko, agar membawa batu ini ke Laboratorium saja, agar pemula tidak terkecoh seperti yang pernah di alaminya.(bs)

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT