Pemkab Bengkalis Terus Geber Program Magrib Mengaji

Ahad, 22 Maret 2015 - 00:00:18 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Program Magrib mengaji yang digulirkan Pemerintah Kabupaten Bengkalis   sejak beberapa waktu lalu, terus digeber. Bahkan Pemkab saat ini mencanangkan “Program  Kabupaten Bengkalis Sehari Khatam Al Qur’an”.

Hal ini diungkapkan Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh saat membukan Musabaqa Tilawatil Qur'an (MTQ) Kecamatan Siak Kecil yang dipusatkan di Lapangan Sepakbola Desa Tanjung Damai, Kecamatan Siak Kecil.

Menurut bupati, tujuannya dalam sehari 30 juz ayat-ayat wahyu Ilahi yang diturunkan melalui Nabi Muhammad SAW itu, seluruhnya dibaca oleh ummat Islam di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini.

“Gagasan ini kedengarannya sangat berat, tapi jika dilakukan secara bersama-sama, Insya Allah, umat Islam di Kabupaten Bengkalis dapat melaksanakan Program Satu Hari Khatam Al qur’an,” kata Herliyan saat memberikan sambutan pembukaan MTQ XI Siak Kecil.

Meskipun secara resmi baru dicanangkan, kata Bupati, namun program ini sebenarnya sudah dimulai. Terutama di sekolah-sekolah, misalnya di Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat.

Implementasinya, sambung Herliyan, di Kabupaten Bengkalis terdapat 38 SMA sederajat. 30 Juz Al qur’an tersebut dibagi jumlah SMA sederajat tersebut. Misalnya jika sekolah pertama membaca juz pertama, maka sekolah kedua juz kedua dan seterusnya.

“Untuk SMA sederajat, program ini dilakukan sebelum proses belajar mengajar dimulai. Alhamdulillah, sejak beberapa waktu lalu sudah dilaksanakan dan terus berjalan,” ujarnya.

Herliyan berharap, hal serupa juga dilakukan di setiap kecamatan. Caranya, 30 juz kitab suci Al Qur’an dibagi dengan jumlah desa/kelurahan. Selanjutnya dibagi lagi dengan jumlah masjid dan mushalla atau majelis taklim di masing-masing desa/kelurahan.

Untuk itu, kepada camat bersama Kepala Kantor Urusan Agama dan pihak terkait lainnya di setiap kecamatan dapat, Herliyan mengitruksikan agar segera menyusun jadwal untuk “Program  Kabupaten Bengkalis Sehari Khatam Al Qur’an” tersebut.

“Jika setiap hari masyarakat Kabupaten Bengkalis bisa menghatamkan Al qur’an, insya Allah, negeri yang kita cintai ini akan selalu dicucuri rahmat dan keberkahan dari Allah SWT. Dijauhkan dari segala bencana, musibah, mala petaka dan mara bahaya,” papar Bupati. [rdi]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT