Pemkab Rohil Sambut Positif Kegiatan LPM IPDN

Senin, 16 Maret 2015 - 00:00:10 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Pemkab Rohil menyambut positif kegiatan Lembaga Pengabdian Pasyarakat (LPM) Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) pada masyarakat perbatasan di kabupaten Rokan Hilir. Kegiatan tersebut merupakan kerjasama antara Pemkab Rohil dengan LPM Kampus Jati Nangor.

"Kegiatan ini semacam sosialisasi kerjasama antara LPM IPDN Jatinangor dengan Pemkab Rohil kita sambut positif. Kita berharap bagaimana desa bisa maju, mandiri dan berkembang," ujar bupati Rohil, H.Suyatno usai membuka acara secara resmi kegiatan Lembaga Pengabdian Masyarakat Institut Pemerintahan Dalam Negeri pada masyarakat perbatasan di kabupaten Rokan Hilir, di gedung Serbaguna Bagansiapiapi, Senin (16/03/15).

Ditambahkannya, sesuai dengan UU No 6 Tahun 2015 tentang Desa dudah disahkan. Jika mengacu pada UU tersebut, desa-desa yang ada di Indonesia khususnya yang ada di Rohil bisa maju.

"Kita tidak bisa maju sendiri tanpa didorong oleh pemerintah daerah, pusat dan provinsi. Saya pikir Desa di Indonesia pasti akan maju jika didukung pembangunanya oleh semua pihak," terangnya.

"Dalam waktu yang tidak lama, kita mencoba akan mengangkat desa kita atau kelurahan kita atau kepenghuluan kita. Bagaimana profil-profil sebuah desa kita angkat, sehingga nanti kalau ini berhasil kita akan lakukan kerjasama dengan LPM Kampus Jatinangor," sambungnya.

Dijelaskannya lagi. jika suatu desa maju dan berhasil, pasti desa tersebut akan ramai dikunjungi orang-orang luar dan daerah sendiri.

"orang-orang akan ramai datang ke tempat kita kalau desa itu berhasil.Kalau tidak berhasil bagaimana orang mau datang ke tempat kita. Makanya pembinaan pembinaan harus secara kontinyu, ini gunanya kerjasama bagaimana kita mengangkat desa itu sampai ketingkat nasional, jangan ke provinsi, langsung ketingkat nasional," imbuhnya.

Bupati memberi contoh, Bagan Sinembah, merupakan daerah yang sangat berpotensi untuk daerah sentra peternakan sapi atau peternakan ayam telor. "Nah kalau ini kita kembangkan kepada seluruh masyarakat disana, saya pikir ini satu potensi yang akan membuat masyarakat bisa makmur. Jadi kehidupan masyarakat tidak pusing-pusing lagi karena mereka punya penghasilan. Kalau ini berhasil saya ambil contoh -contoh seperti itu inikan luar biasa," tandas Suyatno.

Masih menurut Suyatno, dengan program itu, pengangguran tidak ada lagi. Kemiskinan pasti akan berkurang."Contoh lagi, dibelakang rumahkan bisa kita buat kolam berukuran 3x4 meter mengunakan plastik. Kita berikan bibit ikan. Kita letakkan disitu dan tentu diberikan makan dan dimana-mana orang buat seperti itu," paparnya.

Untuk mensukseskan program itu, Ia akan meminta Kepada Badan Pemberdayaan Masyarakat (BAPEMAS) untuk memprogramkannya.

"Ini yang harus kita coba pelan-pelan melalui dinas teknis Bapemas, DPRD nya juga. Bagaimana kita mengangkatkan perekoniam masyarakat,' ajaknya mengakhiri.

Acara kegiatan Lembaga Pengabdian Masyarakat Institut Pemerintahan Dalam Negeri Pada Masyarakat Perbatasan Rokan Hilir itu dihadiri langsung Kepala LPM IPDN, Dr.Hj.Diah Angraini.SH.MM, selaku penyelenggara acara. Turut menghadiri Wakil Bupati Erianda, Ketua DPRD Nasruddin, Plt.Sekda Drs.Surya Arfan.Msi dan seluruh Kepala SKPD, Camat, Lurah/Penghulu se-Rohil. [Adv-tris]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT