Tim Roadshow Bengkalis Sambangi Meranti

Tim Roadshow Bengkalis Sambangi Meranti

Metroterkini.com - Tim Roadshow Bengkalis Kota Pendidikan (RBKP) bertandang ke ‘Kota Sagu’ Selatpanjang. Tim mensosialisasikan tentang dunia perguruan tinggi di Kota Bengkalis kepada pelajar di Kabupaten Kepulauan Meranti. Tim RBKP ini mempromosikan tentang potensi perguruan tinggi negeri di Kota Bengkalis.

“Pada hari Jumat yang lalu, kami dari tim Roadshow Bengkalis Kota Pendidikan, sengaja datang ke Kabupaten Kepulauan Meranti. Alhamdulillah, kehadiran kita di sana disambut oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Meranti Armansyah. S.Pd,” ungkap anggota tim RBKP, Wira Sugiharto dalam rilis kepada wartawan, Minggu (15/3).

Wira mengatakan, selama di Kabupaten Kepulauan Meranti yang merupakan pemekaran Kabupaten Bengkalis ini, tim memaparkan tentang kebijakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis yang tengah berupaya mewujudkan Kota Bengkalis sebagai pusat kota pendidikan di Provinsi Riau.

Langkah ini sebagai upaya membangkitkan sejarah kegemilangan masa lampau, dimana kota Bengkalis pernah menyandang sebagai pusat pendidikan di Provinsi Riau.

Untuk mewujudkan julukan sebagai kota pendidikan, saat ini Kota Bengkalis telah memiliki perguruan tinggi negeri, seperti Politeknik Negeri Bengkalis, Akademi Komunitas Negeri Bengkalis, Sekolah Tinggi Ilmu Agama Islam Negeri Bengkalis, Politeknik Kesehatan Negeri Bengkalis dan Sekolah Tinggi Maritim Negeri Bengkalis.

Di hadapan ratusan pelajar dari berbagai sekolah di Kota Selatpanjang, tim mengajak untuk bergabung di perguruan tinggi negeri yang ada di Kota Bengkalis.

“Kita punya kedekatan sejarah antara Selatpanjang dan Bengkalis, ibarat adik bungsu dan abang sulung. Terlebih, selama ini sejumlah pejabat maupun guru di kota Selatpanjang, dulunya pernah mengecap pendidikan di Kota Bengkalis. Makanya, kita mengajak generasi muda di Kabupaten Meranti untuk belajar di Bengkalis,” ungkap Wira yang sehari-hari mengajar di STAIN Bengkalis.

Selain faktor kedekatan historis, secara geografis antara Meranti dan Bengkalis sangat dekat hanya sekitar 1,5 jam naik speed boat.

Hal ini merupakan sebuah nilai tambah dan keuntungan bagi generasi muda Kabupaten Meranti untuk melanjutkan pendidikan di sejumlah perguruan tinggi di Kota Terubuk.

Diungkapkan Wira, selama berada di Selatpanjang, tim RBKP mendapat sambutan antusias dari para pelajar.

Mereka secara bergantian bertanya tentang berbagai hal terkait dengan fasilitas dan status perguruan tinggi yang ada di Kota Bengkalis.

Bahkan, ada siswa yang bertanya tentang sejauh mana peluang kerja setelah lulus di perguruan tinggi yang ada di Kota Bengkalis.

“Respon mereka terhadap pemaparan kami sangat tinggi. Apalagi, setelah mengetahui banyak senior-senior mereka yang kuliah di Kota Bengkalis,” tandasnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Meranti, Armansyah yang juga alumni Sekolah Pendidikan Guru (SPG) di Bengkalis, menyambut positif kehadiran tim Roadshow Bengkalis tersebut.

Menurut Armansyah, kehadiran Tim RBKP menambah pengetahuan pelajar di Kota Selatpanjang tentang dunia pendidikan di Kota Bengkalis. [rdi]

Berita Lainnya

Index