Pengelolaan Batu Giok 1 Kilometer di Tanah Laut Diminta Transparan

Kamis, 12 Maret 2015 - 00:00:03 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Batu alam diduga giok ditemukan di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan (Kalsel), atas penemuan ini warga dibuat geger, untuk menjaga keadaan kondusif puluhan personel Polisi berjaga dilokasi itu untuk mengantisipasi konflik warga yang akan mengambil batuan tersebut.

Lokasi temuan batu akik itu tepatnya berada di Desa Martadah, Kecamatan Tambang Ulang, Kabupaten Tanah Laut. Titik bebatuan itu tersebar di beberapa tempat di areal yang luasnya diperkirakan sekitar satu kilometer persegi, didalam tanah ini bertebaran di batu ini.

Isu yang berkembang tentang temuan batu giok itu sepekan terakhir itu membuat masyarakat banyak yang datang. Mereka berupaya mengambil bebatuan itu, bahkan alat berat diturunkan dsalah seorang pengusaha di tempat ini.

Atas penemuan ini, untuk menjaga kelestarian alam, pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Laut kemudian melarang penambangan itu, sembari melakukan pemeriksaan untuk memastikan apakah batuan alam itu memang giok atau bukan. Hasilnya akan diperoleh beberapa hari ke depan.

Salah seorang warga, Sopian (43th) justru berpendapat lain, pengamanan ini diduga akal akalan oknum pejabat untuk mencarti keuntungan pribadi, diharapkannnya pengelolaan kekayaan alam ini teransparan.(mamat)


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT