Bupati Ajak Terapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat

Bupati Ajak Terapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat

Metroterkini.com - Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh mengajak warganya menjadikan pola hidup yang bersih dan sehat sebagai perilaku hidup sehari-hari. Menjadikannya sehat sebagai gaya dan budaya hidup. Baik sehat secara lahir maupun bathin.

Harapan itu disampaikan Herliyan ketika melakukan kunjungan kerja dan menghadiri kegiatan khitanan massal di Desa Hutan Panjang, Kecamatan Rupat, Selasa (10/3).

Turut mendampingi bupati dalam kunjungan kerja tersebut, Sekretaris Daerah H Burhanuddin, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Heri Indra Putra, Kadis Kesehatan Mohd Syukri dan Kadis Tata Kota, Tata Ruang dan Pemukiman Emri Juli Harnis dan Camat Rupat Yusrizal.

Kegiatan sunat massal tersebut dipusatkan di  halaman kantor Kades Hutan Panjang dan diikuti 78 orang. Baik yang dikhitan menurut ajaran Islam, maupun secara adat dan budaya suku Akit, itu dibiayai secara swadaya warga setempat.

Bupati mengatakan, dalam Islam maupun adat dan budaya suku Akit, esensi khitanan bertujuan untuk kesehatan.

Kemudian, melalui khitan, katanya, secara langsung atau tidak langsung juga dapat menanamkan pendidikan kepada anak-anak tentang pentingnya menjaga kebersihan diri, sejak usia dini.

Hal itu menunjukkan bahwa soal kesehatan dan kebersihan itu dipandang begitu sangat penting dan harus diterapkan seluruh lapisan masyarakat.

“Karenanya, seluruh warga Hutan Panjang, baik yang beragama Islam maupun non muslim harus dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Harus bahu membahu, bersatu dalam mengimplementasikan dalam setiap aspek hidup dan kehidupan,” ajaknya.

Di bagian lain Herliyan mengatakan, pada tahun 2016 mendatang di Pulau Rupat direncanakan akan dibangun rumah sakit.

Pembangunan rumah sakit dimaksud selain untuk memenuhi harapan warga di Kecamatan Rupat dan Rupat Utara, juga untuk mendukung pengembangan pulau yang memiliki 24 desa/kelurahan ini sebagai daerah tujuan wisata.

“Saat ini sudah ada pihak swasta yang menyatakan kesiapan membangun rumah sakit di pulau Rupat. Namun jika tidak jadi, insya Allah pada tahun 2016 mendatang Pemerintah Kabupaten Bengkalis akan merealisasikannya,” ujar Herliyan.

Disamping menghadiri kegiatan khitanan massal, secara simbolis Bupati juga menyerahkan peralatan sekolah untuk siswa SD, SMP dan SMA. [rdi]

Berita Lainnya

Index