Bupati Rohul dan Forkompinda Pantau Harga Beras di Pasar Senin

Sabtu, 07 Maret 2015 - 00:00:21 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Bupati Rokan Hulu (Rohul) Drs. H. Achmad M.Si, Senin (3/2/15) pagi, pantau harga dan kebutuhan beras di Pasar Senin, Desa Koto Tinggi, Kecamatan Rambah bersama Forum Komunikasi Pemerintah daerah (Forkompinda) Rohul.

Pantauan Bupati Rohul, Drs H Achmad M,Si, selain untuk melihat terkait harga beras, juga untuk mengetahui apakah pasokan beras di Rohul masih mencukupi atau tidak.

"Tinjauan yang kita lakukan, untuk mengecek harga dan kebutuhan beras, apakah ada kenaikan atau tidak," jelas Bupati Achmad di sela-sela meninjau Pekan Senin Desa Koto Tinggi, Senin pagi.

Dari hasil peninjauan, jelas Bupati, stok beras masih mencukupi. Harga beras juga dinilai stabil. Rata-rata pedagang masih menjual Rp15 ribu per cupak (1,6 kilogram).

"Belum adanya kenaikan harga beras, dan permintaan masyarakat juga masih seperti biasa," sambung Bupati didampingi, Kapolres Rohul AKBP Pitoyo Agung Yuwono, Kajari Pasirpengaraian Syafiruddin, Ketua Pengadilan Negeri Pasirpengaraian, Kadiskoperindag Rohul, Tengku Rafli Armien, serta sejumlah pejabat Pemkab Rohul lainnya.

Sebut Bupati Achmad lagi, untuk di Kabupaten Rohul, hingga kini stok beras di daerahnya masih mencukupi. Seperti stok beras di Gudang Bulog Tandun masih sekitar 300 ton, sedangkan stok beras di Gudang Bulog Batas Tambusai sekitar 200 ton.

Selain stok di dua Gudang Bulog mencukupi, panen padi sawah di lahan sekitar 5.000 hektar juga menambah stok beras di Rohul, seperti jenis beras ciherang, padi panjang, beras ketan, dan jenis lainnya.

"Ketahanan pangan tahun 2015 ini bisa dibilang aman. Tidak ada persoalan beras, stok masih cukup dan harga stabil," terangnya.

Sedangkan informasi Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Rohul H. Tengku Rafli Armien S.Sos, selain memantau harga beras di Pekan Senin, dinas juga telah melakukan pemantauan di Pekan Okak Kecamatan Rambah Hilir dan Pekan Kota Lama Kecamatan Kepenuhan.

"Dari pemantauan, saat ini harga beras masih stabil bahkan stok aman untuk kedepannya," jelas Ketua Lembaga Adat Melayu Rohul ini.

Tengku Rafli mengakui tidak ada efek domino atas kenaikan harga bahan bakar minyak. Namun, jika ongkos tranportasi naik, dirinya memperkirakan harga sembilan bahan pokok bakal mengalami kenaikan. [adv-humas]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT