Wakil Ketua DPR RI, Dorong Pembangunan Kawasan Mandalika

Rabu, 04 Maret 2015 - 00:00:11 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah memiliki kado spesial bagi pembangunan kawasan Mandalika Resort Kuta Kecamatan Pujut Lombok Tengah NTB.  Putra NTB ini  berjanji akan segara ‘memanasi’ Presiden Joko Widodo untuk membangunnya, mengingat lahan itu  sudah dibebaskan tanahnya sejak 31 tahun lalu.  Pasalnya, selama ini Jokowi sering marah ketika ada lahan yang dibiarkan tidur selama bertahun-tahun.

Apalagi, seperti kawasan Mandalika Resort yang sudah tidur selama 31 tahun. ‘’Ini akan menjadi catatan saya untuk memanasi Jokowi nantinya, agar segera membangun kawasan itu,’’ katanya saat Kungker di kabupaten  Lombok Tengah beberapa hari lalu.

Menurutnya pariwisata secara prospek memiliki masa depan cerah. Artinya, kawasan wisata ini tidak merusak lingkungan dan bisa menyerap lapangan pekerjaan. Lain halnya dengan pertanian, jika petaninya monoton dengan tanaman padi. Maka, kemiskinan akan tetap merajalela. Para petani tetap dihadapkan dengan kemiskinan karena dimainkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Kemudian tambang, lingkungan akan menjadi rusak meski masyarakat di sekitarnya memiliki tingkat kesejahteraan yang tinggi. Namun, semua ini sifatnya hanya sementara waktu saja. ‘’Makanya kalau bisa memilih, saya akan memilih kawasan wisata,’’ katanya.

Hanya saja, Fahri menilai lemahnya pembangunan kawasan wisata di NTB, karena faktor pemerintah daerah. Pejabat terkait di NTB, tidak bekerja keras meminta bantuan kepada pemerintah pusat. Sehingga cita-cita untuk mewujudkan membangun kawasan wisata tetap menjadi mimpi. ‘’Anda ini yang harus bergerak aktif sebenarnya. Nanti kami bantu di atas,’’ ujarnya.

Seperti pembangunan Bandara Internasional Lombok (BIL), ingat Fahri, Gubernur HL Srinata waktu itu aktif datang ke menteri terkait. Sehingga dirinya sebagai salah satu anggota DPR waktu menindaklanjuti lobi itu. Alhasil, pembangunan BIL dapat diwujudkan dan telah menjadi mutiara bagi NTB saat ini.

Tentunya, pembangunan ini akan berdampak luas bagi pembangunan daerah ini. ‘’Nah, begitu juga dengan pejabat sekarang. Harus aktif ke pusat, nanti kami tindaklanjuti di sana,’’ janjinya.

Soal keamanan kawasan wisata saat ini, menurut Fahri, tidak perlu dikhawatirkan. Seseorang atau masyarakat tidak perlu diajarkan untuk mencari makan, tetapi menciptakan ruang untuk mencari makan. ‘’Bayi yang baru lahir saja bisa mencari makan. Jadi kita tidak perlu khawatir, nanti mereka akan cari sendiri. Yang terpenting sekarang bagaimana kita bisa menciptakan ruang,’’ paparnya.

Sebelumnya  Presiden Susilo Bambang Yudoyono (SBY) tahun 2011 telah melakukan  ground breaking tanda di mulainya pembangunan di kawasan itu, tapi sampai saat ini belum ada tindaklanjut pembangunanya.

 Apalagi, kawasan Mandalika Resort itu juga sudah ditetapkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Master Plan Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) Koridor V. [ls]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT