Bupati Tutup Festival Tor-tor dan Lagu Mandailing se Rokan Hulu

Senin, 02 Maret 2015 - 00:00:11 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Festival Tor-tor dan Lagu Mandailing Tapanuli Selatan tingkat Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) di Taman Kota Pasirpangaraian resmi ditutup oleh Bupati Achmad pada Ahad (1/2/15) malam.

Festival perdana diprakarsai oleh Generasi Muda Mandailing Anak Negeri Napituhuta (Gema Manata) Kabupaten Rohul diikuti peserta Tor-tor 15 group, dan Lagu Mandailing 90 peserta.

Ketua Gema Manata Rohul Suharman Nasution mengatakan festival selama lima hari ini bertujuan melestarikan budaya Tor-tor dan seni budaya Mandailing. Dia mengharapkan, festival menjadi spirit bagi suku lain untuk melestarikan seni budayanya.

"Kami mengharapkan, Festival Tor-tor dan Lagu Mandailing ini masuk dalam Kalender Pariwisata. Tujuannya ikut mempromosikan Kabupaten Rokan Hulu," kata Suharman, juga Kabag Humas Setdakab Rohul.

Sementara itu, Petinggi Adat Mandailing bergelar Sultan Laut Api, menyambut baik festival itu. Menurutnya, even itu juga sebagai ajang silaturahmi bagi suku Mandailing di Kabupaten Rohul.

Dia berterima kasih kepada Pemkab Rohul karena banyak membantu hingga terlaksananya even perdana Festival Tor-tor dan Lagu Mandailing dan berjalan sukses.

Pada sambutannya, Bupati Rohul Achmad mengaku sangat bangga, karena banyak anak-anak yang punya bakat terpendam. Menurut dirinya, budaya Mandailing telah menjadi salah satu aset dan kekayaan Kabupaten Rohul.

"Adanya budaya ini, banyak etnis di Rohul, ada Mandailing, Jawa, Minang, Sunda, Nias, dan Melayu," kata Bupati.

Saat menutup acara suku Mandailing, Bupati Achmad bersama istrinya Magdalisni, serta pejabat di lingkungan Pemkab Rohul juga ikut manotor bersama warga Mandailing.

Hadiah disediakan panitia Festival Tor-tor dan Lagu Mandailing juga lumayan besar, seperti untuk juara pertama Festival Tor-tor uang pembinaan Rp5 juta+piala, juara dua Rp3 juta+piala, dan juara tiga Rp2 juta+piala.

Sedangkan untuk juara Lagu Mandailing putra/ putri masing-masing, untuk juara pertama dapatkan uang pembinaan Rp3 juta+piala, juara kedua Rp2 juta+piala, dan juara ketiga uang Rp1 juta+piala.

Acara turut dihadiri Sekdakab Rohul Damri Harun, Ketua TP PKK Rohul sekaligus Anggota DPRD Riau Magdalisni Achmad, sejumlah Kepala SKPD, Kapolsek Rambah AKP Chaidir, para Tokoh Mandailing seperti Sultan Laut Api. [**adv-humas]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT