Tips Perawatan Batu Kecubung Wulung

Ahad, 01 Maret 2015 - 00:00:08 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Batu kecubung wulung merupakan jenis batu yang asalnya dari Indonesia dan sudah melegenda sejak jaman kerajaan Majapahit. Kata wulung diambul dari bahasa sansekerta yang artinya hitam pekat tetapi jika terkenar sinar matahari akan mengeluarkan sinar berwarna ungu, terdiri dari lima unsur alam sehingga batu ini tampak cantik.

Batu kecubung wulung sering disebut dengan amethyst oleh bangsa Eropa. Nama amethyst berasal dari bahasa Yunani yang berarti tidak mabuk. Batu ini sering dihubungkan dengan dewa anggur. Menurut kepercayaannya apabila meminum minuman atau alkohol dari gelas yang terbuat dari batu kecubung wulung akan terhindar dari mabuk dan keracunan bagi si peminumnya. Batu amethyst akan bersinang terang apabila dijemur beberapa saat di bawah teri matahari dan perna menjadi batu yang lebih berharga daripada intan.

Batu kecubung wulung sekarang sudah sulit ditemukannya karena biasanya berada di daerah bebatuan dengan kedalaman yang extrim. Batu ini terbuat karena proses vulkanis yang membutuhkan waktu sangat lama, sehingga berwarna hitam pekat. Batu ini selalu dikaitkan dengan kerajaan, dan sering digunakan sebagai barang-barang hiasan pada kerajaan Inggris. Seperti, mahkota dan perhiasan untuk dekorasi ruangan atau pada saat upacara kebudayaan.

Semua jenis batu kecubung harus dirawat mulai dari kecubung wulung sampai kecubung tanduk.

Cara perawatannya: 

Pertama, Batu kecubung harus dibersihkan secara teratur atau secara periodik dengan alat khusus untuk membersihkan perhiasan

Kedua, Batu kecubung yang mempunyai titik didih di 75 derajat C sangat rentan terhadap sinar matahari terlalu lama, panas dari pancaran sinar matahari bisa mengubah warna asli batu kecubung.

Ketiga, Jika mempunyai beberapa jenis perhiasan batu sebaiknya penyimpanannya dipisahkan, simpan dalam wadah yang berbeda. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi goresan karena gesekan antar perhiasan

Keempat, Batu kecubung Anda bisa dibersihkan sendiri oleh Anda dengan cara menggunakan air hangat kemudian sikat dengan sikat berbulu halus atau di lap dengan kain halus.

Kelima, Jika Anda suka menggunakan parfum atau hairspray hindari terkena batu kecubung karena batu jenis ini sangat sensitif terhadap reaksi kimia sehingga jika terkena cairan kimia batu ini warnanya akan. [sbc]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT