H.Hendry : Tapal Batas Inhu Tahun ini Tuntas

Kamis, 26 Februari 2015 - 00:00:18 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Asisten Administrasi Pemerintahan Umum melalui Kabag Administrasi Tata Pemerintahan Umum di Sekda Kab Inhu, H.Hendry.S.Sos, Msi, pihak Pemkab Inhu dalam tahun ini bakal menuntaskan tapal batas antara kabupaten Inhu dengan kabupaten lainya.

"Insya Allah tahun ini selesai secara adminstrasi, dan tidak ada masalah lagi. Terutama tapal batas wilayah Inhu dengan tetangga lain akan tuntas dalam Tahun 2015 ini," kata Hendry, Kamis (26/2/15).

Seperti diketahui, hasil kesepakatan Batas Indragiri Hulu (Inhu) dengan Indragiri Hilir (Inhil) sebut H.Hendry, sebagai pilar batasnya antara Desa Tanjung Sari Kecamatan Kuala Cenaku Kabupaten Inhu dengan Desa Bayas Kecamatan Kempas Jaya Kabupaten Inhu. Sedangkan di daerah Kecamatan Batang Gansal Kab Inhu, tepatnya di titik kilometer 10 dengan Kabupaten Inhil.

"Jadi dengan berdasarkan penolakan Pemkab Inhu atas keputusan Gubernur Riau No. 28 tahun 2005 lalu yang menyatakan tapal batas di kilometer 17 itu, berubah lagi karena sebelumnya juga pada tahun 2000 lalu sudah ada penetapan di kilometer 10," katanya.

Tambahnya, di daerah kilometer 10 itu juga terdapat sejumlah bagunan fasilitas umum bersumber APBD Pemkab Inhu. Bahkan, administrasi kependudukan warga di daerah itu tercatat di Kabupaten Inhu. Diantaranya desa Danau Rambai, Sungai Akar, Talang Lakat, Penyaguhan dan Belimbing.

"Ada 5 desa itu masuk wilayah Kabupaten Inhu, dan telah sepakat bersama soal kependudukan tersebu melalui berita acara yang di tandatangani bersama H.Yopi Arianto dari Bupati Inhu, dan Rosman Malomo oleh Wakil Bupati (Wabub) Inhil sebagaimana saat itu Bupati Inhil H.Mahmud Wardan sedang berhalangan hadir. Maka yang menghadiri rapat tentang pembahasan batas daerah tersebut, hanya Wabup Rosman Malomo yang ditugaskan langsung sesuai surat kuasa yang diberikan Bupati Inhil H.Mahmud Wardan," jelasnya.

Sementara batas Inhu dengan Pelalawan sebutnya lagi, waktu dekat ini akan selesai. "Batas disana antara Desa Sungai Air Putih masuk Kecamatan Lubuk Batu Jaya Kabupaten Inhu berbatasan dengan Desa Kampung Bunga masuk dalam administrasi kependudukan Kecamatan Ukui II Kabupaten Pelalawan. Demikian juga Redang Seko masuk administrasi Kecamatan Lirik Kabupaten Inhu berbatasan dengan Desa Ukui Kecamatan Ukui II Kebupaten Pelalawan," ungkapnya.

Demikian juga batas Inhu dengan Kuansing, tahun ini juga akan selesai. Dimana Desa Batu Rijal Barat masuk administrasi Kecamatan Peranap Kabupaten Inhu yang berbatasan dengan Desa Pesikaian masuk dalam wilayah Kecamatan Cerenti Kabupaten Kuansing. Dan Desa Silunak masuk administrasi Kecamatan Batang Peranap Kabupaten Inhu berbatasan dengan Desa Pulau Jambu Kecamatan Cerenti Kabupaten Kuansing.

Setelah tapal batas wilayah Kabupaten Inhu dengan Kabupaten Inhil tuntas, saat ini Pemkab Inhu tengah konsentrasi untuk menuntaskan tapal batas wilayah Kabupaten Inhu dengan Kabupaten Pelalawan. Bahkan, Pemkab Inhu sudah beberapa kali melakukan pertemuan dengan Pemkab Pelalawan.

"Diperbatasan itu, terdapat dua titik perbedaan yakni SDN 012 Desa Air Putih Kecamatan Lubuk Batu Jaya dan Gerbang selamat datang di Desa Banjar Balam Kebupaten Inhu. “SDN 012 itu berada dalam wilayah Kabupaten Inhu tetapi biaya dan operasional sekolah tersebut dari Kabupaten Pelalawan," paparnya.

Penuntasan tapal batas ini tinggal menjadwalkan untuk sama-sama turun lapangan lagi. "Setelah tapal batas Pelalawan - Inhu, baru akan dilanjutkan dengan penyelesaian tapal batas Inhu - dengan Kuansing nanti dengan dana sering melalui Propinsi dan daerah," katanya. [sta]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT