Gapensi: SKPD Jangan Sembarang Tunjuk Kontraktor

Selasa, 17 Februari 2015 - 00:00:17 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Gapensi Kepulauan Meranti mendesak SKPD di lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti untuk menunjuk rekanan kontraktor yang benar-benar berprofesi pekerja kontraktor (profesional) yang memiliki perusahaan dibidangnya.

Demikian disampaikan Junaidi, Wakil Ketua Gabungan Pengusaha Seluruh Indonesia (Gapensi) kabupaten Kepulauan Meranti, Selasa (17/2/15). "Kita mengharapkan kepada seluruh SKPD yang melaksanakan berbagai kegiatan pembangunan yang dibiayai APBD, dalam menunjuk rekanan untuk proyek PL hendaknya yang memang berpropesi sebagai pekerja proyek," katanya.

Tambah Junaidi lagi, minimal rekanan yang ditunjuk untuk mengerjaan pekerjaan pengadaan langsung dimasing masing skpd itu adalah mereka para rekanan yang secara legitimasi atau administrasi,mereka itu setidaknya punya atau memiliki perusahaan sendiri,baik itu sebagai direktur atau pengurus diperusahaan rekanan kontraktor.

Selama ini SKPD dinilai dalam menunjuk kontraktor masih dipengaruhi faktor kedekatan untuk memperoleh proyek. Sebab ini bukan rahasia umum lagi bahkan kian terlihat munculnya kecemburuan sosial. 

"Banyak diantara kita yang bukan berpropesi sebagai rekanan justru mereka yang banyak dapat proyek dari SKPD.

Akibatnya, banyak pekerjaan tersebut bermasalah dan harus berhadapan dengan penegak hukum. Karena pihak rekanan kontraktor yang mengerjaan proyek, sementara pihak yang mendapatkan proyek tersebut lepas dari tanggung jawabnya atas persoalan yang terjadi.

"SKPD hendaknya menjalankan kebijakan dengan penuh tanggung jawab, sehingga tujuan pelaksanaan pembangunan itu benar-benar dapat tercapai dan tidak menimbulkan persoalan," katanya. [def]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT