Benarkan Cukur Bulu Wajah Buat Wanita Awet Muda?

Senin, 09 Februari 2015 - 00:00:17 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Mencukur bulu di wajah bukan cara baru untuk tampil cantik. Sejak zaman dulu, Marilyn Monroe dan Elizabeth Taylor mengaku rutin mencukur bulu wajah mereka. Meski begitu, hingga saat ini mencukur bulu wajah seperti rutinitas pria tersebut tidak begitu populer di kalangan wanita. 

Bagi pria, mencukur bulu wajah bukan hal aneh lagi. Namun berbeda dengan wanita. Banyak mitos yang berkembang bahwa mencukur bulu wajah malah membuat bulu menjadi lebat, pekat dan pertumbuhannya jadi kasar. Namun kabarnya, hal tersebut hanyalah mitos yang salah. 

Menurut pengalaman beberapa wanita yang mencukur bulu wajahnya mengaku merasakan dampak yang baik bagi kulit mereka. Menurut wanita asal Inggris, Gili, berkat rutin mencukur bulu wajah, kini kulitnya lebih halus. Sebelum memberanikan diri untuk mencukur bulu, Gili mengaku bulu-bulu di sekitar wajahnya cukup lebat. 

"Orang mengatakan bahwa bulu yang dicukur akan tumbuh lebih lebat, tapi aku merasakan malah lebih halus. Aku merasa memiliki kulit yang lebih baik. Aku menggunakan banyak pelembab, apalagi setelah bercukur dan tidak pernah menggunakan sabun di wajah," ujarnya.

Keuntungan mencukur bulu wajah juga dirasakan oleh Angela Garvin. Wanita 46 tahun itu mengaku, kini make-up yang dipakainya lebih mudah menyerap ke wajahnya sehingga tampilan riasan lebih rapi dan membuat wajahnya cerah. "Produk make-up yang aku gunakan bekerja lebih baik dan kulitku kondisinya semakin sehat," ujarnya. 

Sejumlah dermatologis pun menyarankan bagi para wanita yang memiliki bulu wajah yang cukup lebat agar menghilangkannya dengan proses cukur, waxing atau laser. Tidak hanya membuat tampilan wajah jadi lebih halus, namun menurut ahli kecantikan, dr. Michael Prager, mencukur bulu wajah berfungsi untuk menghilangkan sel kulit mati sehingga wajah menjadi lebih awet muda. 

"Mencukur bulu memiliki banyak efek, seperti sebagai anti-aging. Itu karena, mencukur seperti proses mikrodermabrasi, sehingga akan membangkitkan produksi kolagen di wajah yang berfungsi untuk untuk mengurangi kerutan wajah," kata dr. Michael. 

Jangan khawatir bulu akan tumbuh semakin lebat dan kasar. Dermatologis, dr. Neal Schultz mengatakan bahwa bulu terlihat lebat karena pertumbuhannya yang tumpul, tidak meruncing. Pada dasarnya, pertumbuhan bulu tetap sama. Dr. Neal pun menyarankan agar wanita rutin mencukur bulu agar tampilan kulit terlihat lebih segar. "Tak heran, terkadang pria terlihat lebih muda dibanding wanita," ujarnya. 

Meski begitu, setiap perawatan kecantikan pasti ada saja efek sampingnya. Ketika menggunakan alat pencukur bulu atau razor, Anda perlu berhati-hati karena bisa melukai wajah. Parahnya, wajah yang terluka karena razor bisa menjadi infeksi. Untuk itu, pilihlah alat pencukur yang memang didesain khusus untuk wajah dan sebelum mencukur oleskan krim pencukur untuk menghindari iritasi. [llp]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT