Bupati Rencanakan 4 Obyek Wisata Alam Berskala Nasional di Rohul

Senin, 09 Februari 2015 - 00:00:10 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Bupati Rokan Hulu (Rohul) Drs. H. Achmad M.Si merencanakan 4 obyek wisata alam di Desa Rambah Tengah Hulu (RTH)-Pawan, Rambah Tengah Barat (RTB) dan Sialang Jaya, Kecamatan Rambah diproyeksikan dijadikan objek wisata berskala nasional.

Menurut Bupati Rohul, Drs. H. Achmad M.Si, nantinya keempat obyek wisata tersebut seperti Hapanasan dan Air Panas di Desa RTH, Danau Cibogas di Desa RTB dan Sungai Bungo Desa Sialang Jaya, ini akan didesign seoptimal mungkin, sehingga masyarakat atau pengunjug bisa menikmati beragam jenis obyek wisata tersebut.

Hal itu disampaikan bupati dalam ekpos empat wisata yang sudah sangat sering disampaikan Bupati Rohul dalam berbagai pertemuan. Khusus untuk di Hapanasan sendiri, nantinya akan dibangun Water park, adanya Taman Kupu-kupu terbaik di Pulau Sumatera, permainan anak-anak, playing fox, malah ini lokasi akan diseting seperti sungai dan danau berombak seperti layaknya di tepi pantai, sehingga ini bisa memanjakan pengunjung yang datang.

"Bila orang pergi ke Bukit Tinggi Provinsi Sumatera Barat hanya makan saja, kemudian tidur, maka di sini nantinya akan ada beragam pilihan obyek wisata. Sehingga ke Bukittinggi hanya numpang tidur saja, ini kita kelola obyek wisata ini dengan sebaik mungkin hingga bisa dimanfaatkan dengan berbagai aktifitas wisata," kata Bupati Achmad.

Masih menurut bupati , untuk Danau Cibogas sendiri, disana ada perahu air yang akan membawa pengunjung mengelili danau, ada kotek, penginapan panti pijat, SPA, beragam menu makan berkelas, nanti ditaksir untuk setiap kotek akan disewakan sekitar Rp650 ribu per malam.

"Khusus untuk di Sungai Bungo, selain menyajikan tanaman beragam bunga, juga ini akan diseting jadi kampung tradisional, sehingga menambah keunikan tersediri bagi pengunjung, bahkan di tempat ini juga ada air terjun, kemudian lokasi untuk kegiatan treaker atau sepeda motor lumpur dengan mendaki perbukitan," ucapnya.

Sedangkan di air panas, juga akan dikelola maksimal dengan menyajikan pengobatan terapi air panas, apalagi ini terkoneksi langsung dengan sungai air tawar, jadi tentu akan menambah keunikan tersendiri bakan di tempat ini ada wisata alam Goa Sikafir.

"Nantinya keempat obyek wisata tersebut, akan terkoneksi sehingga setiap pengunjung bisa memilih obyek wisata mana yang akan ditujunya," sebutnya.

Lanjut Bupati Achmad, Pemkab Rohul juga akan membebaskan lahan seluas 9 hektar untuk mendukung program tersebut. Karena nantinya, akan dikelola langsung pihak Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), untuk mewujudkan ini, Pemkab Rohul berencana akan mengucurkan dan
sekitar Rp 45 Miliar.

Sementara itu, menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kabudpar) Rohul, Yurikawati, kini untuk pembasana lahan obyek wisata tersebut tengah berkoordinasi dengan pihak Dinas Kehuatan dan Perkebuna (Dishutbun) Rohul, karena lahannya masuk dalam Kawasan Hutan
Konservasi (HPK).

"Pengurusannya kini tengah dalam penjajakan ke pemertintah, sehingga ini diharapkan bisa terrealisasi, kita akui Bupati Rohul sering memamerkan design perencanaan pembangunan itu kepada tamu yang datang, tapi jika kita pokus untuk mengakomodir itu semuanya pasti bisa berjalan dengan lancar," terangnya, Senin (9/2/15).

Yurikawati juga menjelaskan, khusus untuk obyek wisata Hapansan Detailed Engineering Design (DED), dari Pemrov Riau, tahun 2014 kemarin, memang tidak mendapat bantuan provinsi, karena lokasi itu sesuai SK Provinsi Riau itu destinasi wisata alam Provinsi Riau.[Adv-humas]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT