Bengkalis Musim Panas, Kapolsek Imbau Warga Tidak Bakar Lahan

Bengkalis Musim Panas, Kapolsek Imbau Warga Tidak Bakar Lahan

Metroterkini.com - Memasuki musim panas dan di sertai angin kencang yang melanda wilayah Kabupaten Bengkalis sangat rentan terhadap kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Minggu (8/2).Agar Karhutla yang melanda Bengkalis tahun 2014 lalu tidak terulang semua pihak harus waspada dan melakukan pencegahan dini.

Demikian yang disampaikan Kapolsek Bengkalis AKP Meby Trisono, bahwa kewaspadaan terhadap Karhula itu perlu secara Berkesinambungan dengan tidak membuka lahan dengan membakar.

"Mencegah karhutla tidak hanya tanggung jawab pemerintah saja, tapi dari semua warga juga harus ikut bertanggung jawab. Sebab tanpa punya rasa tanggung jawab, maka kasus Karhutla di Kabupaten Bengkalis tidak akan dapat di hentikan," kata Meby kepada wartawan, Minggu siang.

Menurut Meby, pihaknya tidak bosan bosannya mengingatkan pada Babinkabtibmas di wilayah hukum Kecamatan Bengkalis untuk tetap terus waspada dan mengawasi warga yang akan membuka lahan atau membersihkan kebun, agar warga tidak melakukan pembakaran.

"Apabila kita temukan warga melakukan pembakaran lahan dengan disengaja, kita dari Kepolisian tetap mengambil tindakan tegas dengan menangkap untuk dipidanakan berdasarkan UU Kehutanan dan Lingkungan Hidup dengan ancaman penjara diatas 10 tahun dan denda diatas 100 juta rupiah," tegas Meby. [rdi]

Berita Lainnya

Index