Dari Bloger Sosmed & Hobi Jadi Sumber Penghasilan

Jumat, 06 Februari 2015 - 00:00:12 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Era digital khususnya social media telah membawa banyak perubahan bagi kehidupan manusia saat ini. Banyak bermunculan profesi-profesi baru di dunia digital yang mungkin 10 tahun lalu tidak pernah terpikirkan oleh orang-orang. Blog dan Twitter yang awalnya hanya berfungsi sebagai catatan harian online, atau Instagram yang merupakan wadah berbagi foto kini telah berubah jadi sumber penghasilan.

Pasalnya, di era digital seperti sekarang orang-orang bebas berpendapat. Kabar baik maupun kabar negatif mudah menyebarluas hanya melalui sebuah tulisan di blog atau media sosial. Istilah-istilah seperti influencer, buzzer, KOL, selebtwit atau selebgram pun sering terdengar di telinga kita. Mereka merupakan role model digital yang pendapatnya banyak didengar dan mampu mempengaruhi masyarakat melalui blog atau akun media sosial miliknya.

Ada kata bijak dari Konfusius yang berbunyi: pilihlah pekerjaan yang kau cintai, maka seumur hidup kau tak akan pernah merasa bekerja. Mungkin ini juga yang dirasakan oleh para blogger  dan selebgram. Dari yang awalnya hanya menyalurkan hobi menulis atau memotret, sekarang mereka malah dibayar untuk melakukan hobinya itu. 

Salah satunya adalah Bowie (@TravelJunkieID) atau yang lebih dikenal melalui blog-nya www.traveljunkieindonesia.com. Awalnya Bowie yang hobi jalan-jalan senang membagikan kisah serunya di blog. Kesuksesannya mengemas cerita dan didukung oleh tampilan blog yang menarik membuat Bowie banyak dilirik pihak sponsor. Dia pun sekarang bisa menikmati traveling gratis.

“Bagi seorang blogger, menggarap blog haruslah serius. Hal tersebut agar banyak orang yang berkunjung dan membaca cerita kita, sehingga membuat sponsor juga tertarik terhadap blog kita, termasuk dengan membiayai perjalanan,” cerita Bowie saat ditemui di acara Blogger Luncheon NutriSari W’dank.

Biasanya para blogger juga didukung oleh skill fotografi yang mumpuni. Sehingga mereka dapat memvisualisasikan hal yang diceritakannya dengan baik dan menarik pembaca. Para blogger ini mampu melihat komposisi terbaik agar objek foto terlihat bagus. Sama halnya seperti selebgram.

Awalnya mereka hanya masyarakat biasa yang suka berbagi foto makanan, restoran, kafe atau pemandangan tempat yang dikunjunginya di Instagram. Hasil foto yang ciamik dan menggiurkan kemudian membuat akun Instagram mereka banyak diikuti orang. Kemampuan membuat makanan atau minuman yang difoto terlihat lebih menggiurkan serta kemampuan mengedit foto salah satu alasannya.

Dengan hasil foto yang memukau dan tulisan yang bagus, tidak menutup kemungkinan kita juga dapat menarik perhatian sponsor. Apakah Anda tertarik menjadikan hobi sebagai pekerjaan seperti para blogger dan selebgram yang sudah terkenal itu? [cnn]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT