Dewan Pertanyakan Konsep Duri Kota Transit dan Perdagangan

Dewan Pertanyakan Konsep Duri Kota Transit dan Perdagangan

Metroterkini.com - Anggota DPRD Bengkalis asal Duri Kecamatan Mandau, Abi Bahrun Ssi mempertanyakan progres dan realisasi menjadikan Duri sebagai kota transit dan perdagangan, yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Bengkalis.

“Belum ada sama sekali geliat atau master plan untuk pengembangan Kota Duri sebagaimana digadang-gadangkan menjadi kota perdagangan dan kota transit. Padahal konsep tersebut sudah tertuang dalam RPJMD Kepala daerah yang disahkan melalui Peraturan Daerah (Perda) tahun 2011 lalu,” tegas Abi Bahrun kepada wartawan, Kamis (06/02).

Selaku anggota dewan dari Mandau, ia belum melihat adanya action dari stake holder di Kabupaten Bengkalis untuk mewujudkan hal tersebut.

Menurutnya, seharusnya pada tahun kelima pemerintahan Herliyan Saleh-Suayatno langkah kearah tersebut sudah mulai terlihat.

Untuk itu, RPJMD menjadikan Duri kota transit dan perdagangan perlu dikaji ulang.

Abi Bahrun memandang sangat tepat jika menjadikan Duri sebagai basis ekonomi di sektor perdagangan, karena berada di jalur lintas yang strategis dan patut didukung semua pihak.

Hanya saja keseriusan Pemkab Bengkalis terutama Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) bersama SKPD yang terkait belum terlihat.

“Jangan hanya program percepatan pembangunan daerah sebatas diatas kertas saja. Padahal ada payung hukum yang mengatur RPJMD tersebut yaitu Perda yang notabene disahkan DPRD Bengkalis dan harus dijalankan oleh pihak eksekutif,” ungkap politisi Partai keadilan Sejahtera (PKS) ini.

Ditambah Abi, konsep menjadi Duri sebagai kota perdagangan dan transit tertuang dalam empat pilar pembangunan kawasan yang selalu dibesar-besarkan beberapa tahun lalu. Namun sampai saat ini belum dieksekusi.

Stake holder yang menjadi pemangku kebijakan atau leading sector prorgam tersebut sampai sekarang malahan boleh dikatakan tidak ada action sama sekali. [rdi]

Berita Lainnya

Index