Kecelakaan Pesawat TransAsia, Korban Berenang ke Tepi Sungai

Rabu, 04 Februari 2015 - 00:00:12 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Pesawat TransAsia jatuh di sungai di Taipei dan menewaskan sedikitnya sembilan orang. Gambar dramatis diambil oleh pengendara motor dan diposting di Twitter menunjukkan pesawat berputar-putar di atas jalan tol dekat bandara segera setelah pesawat jenis turboprop ATR 72-600 itu lepas landas.

Cuaca terlihat cerah ketika pesawat lepas landas. Tayangan televisi menunjukkan penumpang selamat yang mengenakan jaket pelampung berenang ke tepi sungai.

Petugas penyelamatan darurat di perahu karet berkerumun di sekitar pesawat yang sebagian terendam, berusaha membantu orang-orang yang masih berada di dalam pesawat.

Otoritas penerbangan Taiwan melaporkan 16 orang telah diselamatkan, yang berarti kondisi sebanyak 33 lainnya masih belum diketahui. 

Gambar-gambar di televisi lokal juga menunjukkan beberapa kerusakan jembatan di sebelah sungai, dengan serpihan kecil dari pesawat tersebar di sepanjang jalan.

TransAsia adalah maskapai terbesar ketiga di Taiwan. Salah satu pesawatnya yang berjenis ATR 72-500 jatuh saat mencoba mendarat dipulau Penghu tahun lalu, menewaskan 48 dari 58 penumpang dan awak kapal.

Pesawat yang jatuh hari ini adalah yang pertama dari jenis ATR 72-600, model terbaru dari pesawat turboprop, yang dibeli TransAsia pada 2014.

Pesawat ini memiliki 72 kursi dan terutama digunakan untuk menghubungkan ibu kota Taiwan, Taipei, ke kota-kota kecil.

Maskapai TransAsia juga mengoperasikan Airbus A320 dan A330 pesawat pada penerbangan domestik dan internasional.

ATR diproduksi di Perancis atas kerja sama antara Airbus dan Alenia Aermacchi, anak perusahaan Finmeccanica dari Italia. [cnn]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT