Sejumlah Daerah di Aceh Masih Kekurangan Mobil Ambulance

Rabu, 04 Februari 2015 - 00:00:12 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Ketersediaan mobil ambulance di Aceh sangat terbatas. Ambulance yang tersedia dibeberapa kabupaten belum mencukupi, seperti di Aceh Utara. Desa yang paling terpencil dikabupaten ini berada di Langkahan, yakni Desa Seurke. Jarak tempuh dari desa itu ke Puskesmas terbilang jauh, mencapai belasan kilometer.

“Kami butuh ambulan yang stanbay di lokasi Pustu setempat. Sebab, butuh waktu lama sejauh 15 KM untuk menuju Puskesmas Langkahan jika membawa warga yang sakit. Bahkan ada warga yang pernah melahirkan dalam perjalanan menuju ke Puskesmas, Sedangkan Puskesmas Pembatu (Pustu) yang berada di Dusun itu sama dalam bertindak karena tidak memiliki ambulan,” kata keuchik setempat, Sardilan kepada wartawan baru baru ini.

Sementara Sekretaris Camat Kecamatan Langkahan, M. Nurdin kepada wartawan mengaku, pihaknya sudah mengajukan permohonan pada dinas terkait pada akhir 2014 guna meminta satu unit ambulan untuk warga Seurekey.

"Kami mengharapkan pemerintah segera memberikan satu unit ambulan untuk Desa Serreukey yang mempunyai penduduk lbih kurang 300 Kepala keluarga (KK). Karena selama ini mereka terpaksa harus membawa ke Puskesmas Kecamatan,”katanya.

Menyikapi keluhan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Aceh Utara, Efendi  mengatakan pihaknya akan mengupayakan satu unit ambulance untuk stanbay di lokasi pustu. Sedangkan di Puskesmas Langkahan, katanya dua unit ambulance memang sudah stanbay sejak dulu.

“Sekarang kita lagi upayakan, sehingga dalam waktu dekat ini akan segera dikirim kesana, karena selama ini warga harus membawa pasien sekarat ke Puskesmas kecamatan,”katanya.

Disisi lain, Kepala Dinas Kesehatan Aceh Utara, dr. Efendi mengatakan, stok obat di Kabupaten Aceh Utara aman hingga akhir 2015. Untuk itu. Efendi meminta kepada petugas medis untuk melaya pasien dengan sebaik mungkin.

"Tidak ada alasan Puskesmas di Aceh Utara kosong obat, karena hingga akhir 2015 obat di Aceh Uatara mencukupi. Kita minta kepada petugas medis agar melayani pasie sebaik mungkin," tambah Efendi. [Mahlil].


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT