Wujudkan Bengkalis Cybercity, Tahun ini PDE Bangun 7 Hotspot

Ahad, 01 Februari 2015 - 00:00:17 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Pemkab Bengkalis melalui Bagian PDE Setdakab pada tahun ini kembali membangun hotspot di empat kecamatan sebaga wujud menjadikan Bengkalis sebagai cybercity.

Total hotspot yang akan dibangun tersebut sedikitnya berjumlah 7 titik, dan kalau memungkinkan dari sisi infrastruktur, akan ditingkatkan menjadi 10 titik.

Kepala Bagian PDE Setdakab Bengkalis, Suparman kepada wartawan Minggu (1/2) mengatakan, penambahan hotspot tersebut akan dilakukan di Kecamatan Bengkalis, Bantan, Bukit Batu dan Siak Kecil.

“Tujuh hotspot sudah pasti sedangkan yang tiga lagi kita lihat dulu infrastrukturnya, masih opsional,” katanya.

Ditanya titik-titik lokasi pemasangan ketujuh hotspot, Suparman mengatakan, untuk di Kecamatan Bengkalis akan ditempatkan di RSUD Bengkalis (Kelapapati), sekitar rumah dinas Sekdakab Bengkalis (Sungai Alam), dan Komplek Perkantoran (Jalan Pertanian). Kemudian untuk Kecamatan Bantan akan ditempatkan di Pelabuhan Bandar Sri Setia Raja (BSSR) Selatbaru dan Kantor Camat Bantan.

Di Bukit Batu akan ditempatkan di pelabuhan roro Sei Selari, Kantor Terpadu Bukit Batu, dan Kantor Camat Bukit Batu lama. Terakhir, di Kantor Camat Siak Kecil.

“Untuk tiga hotspot yang masuk dalam daftar opsional kita adalah areal Dinas Perhubungan, Akademi Maritim dan areal Perkantoran Satpol PP,” ujarnya.

Hotspot tersebut menurut Suparman bisa diakses tanpa menggunakan password dan masyarakat bisa memanfaatkan secara gratis untuk browshing internet.

Hanya saja, tingkat bandwidth per hotspot dibatasi sehingga tidak optimal untuk yang sifatnya entertainment seperti mengakses streaming ataupun game online.

“Bisa-bisa tapi lambat karena memang itu bukan prioritas. Harapan kita hotspot gratis ini bisa dimanfaatkan untuk yang sifatnya menambah ilmu pengetahuan seiring dengan visi Pemerintah Kabupaten Bengkalis yang akan menjadikan Bengkalis sebagai Kota Pendidikan,” kata Suparman.

Dengan rencana penambahan tersebut, sambung Suparman, akan semakin menambah daftar hotspot gratis yang disiapkan Pemkab Bengkalis. Pada tahun 2014 lalu, ada empat titik yang dibangun yaitu di Taman Air Mancur Andam Dewi, pelabuhan roro Air Putih, kampus STAIN dan Akademi Komunitas Bengkalis.

“Sebenarnya penyediaan hotspot secara gratis ini merupakan program jangka pendek. Kita memiliki program yang lebih besar lagi yaitu membangun jaring data, dimana seluruh SKPD nantinya bisa menyiapkan data-data tentang SKPD-nya masing-masing dan terintegrasi secara online," ujarnya.[rdi]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT