Campurkan Daun & Bungan ini dengan Teh Lebih Menyehatkan

Selasa, 27 Januari 2015 - 00:00:07 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Saat di luar sedang hujan, enaknya minum yang hangat-hangat, seperti teh atau kopi. Bagi Anda penikmat teh, bisa menambahkan beberapa jenis daun atau bunga herbal ke dalam teh hangat Anda untuk mendapatkan manfaat sehatnya.

Dikutip dari Prevention, Selasa (27/1/15), daun atau bunga herbal dapat dicampurkan ke dalam secangkir teh hangat selama kurang lebih 10 menit untuk mendapatkan efek baik pada kesehatan. Nah, berikut ini daftar bunga dan daun yang bisa Anda tambahkan ke dalam secangkir teh:

1. Chamomile (Matricaria recutita)

Bunga chamomile ini memiliki kandungan minyak yang membuat otot halus di perut menjadi relaks. Campuran bunga chamomile dengan teh hangat dapat meringankan gangguan pencernaan, masalah iritasi usus dan kolitis. Wangi dari teh ini juga memberikan efek rasa nyaman.

Pilih bunga chamomile alami dengan aroma apel yang kuat. Gunakan 1 sendok makan bunga chamomile untuk dicampur ke dalam secangkir teh hangat. Minum selama 2 bulan untuk meringankan masalah perut Anda.

2. Citrus (Melissa officinalis)

Daun citrus dapat meredakan cemas dan menurunkan perasaan tegang. Campuran daun citrus dengan teh hangat bisa membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak.

Pilih daun citrus segar atau kering yang memiliki aroma lemon yang kuat. Gunakan 1 sendok makan daun citrus pada teh hangat dan minum sesuai kebutuhan

3. Peppermint (Mentha x piperita)

Peppermint dewasa ini banyak digunakan dalam berbagai produk, sehingga rasanya mungkin tidak asing bagi Anda. Daun peppermint segar atau kering yang digunakan pada teh hangat dapat meringankan gangguan pencernaan, serta meringankan rasa mual dan muntah.

Pilih daun peppermint sebanyak 1 sendok makan (atau bisa sesuai selera) lalu tambahkan pada secangkir teh hangat.

4. Rosemary (Rosmarinus officinalis)

Aroma wangi yang diciptakan rosemary ternyata berkhasiat menghilangkan sakit kepala akibat stres. Rosemary memiliki manfaat untuk menjaga pembuluh darah tetap lebar. Ketika sakit kepala, pembuluh darah Anda akan menyempit sehingga rosemary akan menjaga pembuluh darah melebar. Tambahkan 1 sendok makan rosemary pada teh hangat di cangkir Anda sebagai penghilang sakit kepala.

5. Thyme (Thymus vulgaris)

Daun thyme membantu mengendurkan otot-otot bronkus yang kejang. Batuk dapat disebabkan oleh otot-otot bronkus yang kejang yang diakibatkan pilek atau bronkitis. Gunakan 2 sendok teh thyme kering lalu tambahkan pada secangkir teh hangat dan minum sebanyak 3 kali sehari untuk meredakan batuk. [dth]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT