Eski Kermen, Kota Kuno dengan 300 Rumah Gua

Senin, 26 Januari 2015 - 00:00:17 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Eski Kermen adalah sebuah kota dari abad pertengahan yang memiliki lebih dari 300 rumah gua. Kota ini terletak hanya 6 km dari Mangupa di wilayah Bakhchisaray, Crimea. Eski Kermen berada di atas salah satu gunung - yang rata di bagian atasnya - yang disebut mesa.

Gua-gua di Eski Kermen dibangun pada abad ke-6 dan dulunya digunakan sebagai tempat tinggal manusia. Masyarakat lebih memilih untuk tinggal di gua karena keselamatan mereka lebih terjaga.

Selama beberapa abad, rumah-rumah gua mulai tumbuh dan ditempati oleh ratusan orang. Selain rumah, masyarakat juga membangun tempat beribadah, seperti gereja.

Salah satu gereja yang dibangun di Eski Kermen masih memiliki lukisan dinding yang menggambarkan Kristus dan Maria, meskipun kini lukisan itu sudah terlihat aus.

Kota gua ini tetap dihuni sampai kedatangan bangsa Mongol pada abad ke-13. Namun karena Eski Kermen berada di daerah pegunungan, kota ini sulit dijangkau dan itu menjadi salah satu alasan kenapa kota ini menjadi kota terakhir yang ditaklukkan oleh Mongol.

Tak lama setelah Eski Kermen ditinggalkan oleh warganya, warga desa tetangga mulai menggunakan rumah-rumah gua untuk tujuan komersial. Kini, gua-gua Eski Kermen pun menjadi salah satu tujuan wisata yang populer di Crimea. [mer]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT