Bengkalis Nihil Titik Api, Masyarakat Dihimbau Tetap Waspada

Ahad, 25 Januari 2015 - 00:00:14 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Pasca padamnya dua titik api di Kecamatan Bukit Batu, kekawatiran akan kembalinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Bengkalis, belum terbukti. Sampai hari ini hasil pantauan BPBD-Damkar Bengkalis, nihil titik api atau Karhutla.

Kendati demikian, pihak BPBD-Damkar tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan tidak melakukan pembakaran.

Hal ini dikatakan Kepala Bidang Damkar, BPBD-Damkar Kabupaten Bengkalis, Suiswantoro saat dihubungi wartawan, Minggu (25/1).

Menurutnya, sejauh ini hasil pantauan BPBD-Damkar tidak menemukan adanya titik api di wilayah Kabupaten Bengkalis. Damkar juga tidak menerima laporan dari masyarakat soal Karhutla.

“Alhamdulillah, sampai sejauh ini tidak ada kebakaran di Bengkalis, selain tiga kebakaran yang berhasil kita padamkan beberapa waktu lalu. Kendati begitu masyarakat tetap diingatkan untuk tidak melakukan pembakaran baik saat membuka perkebunan baru maupun saat membersihkan lahan,” ujar Suis.

Baru-baru ini kebakaran memang sempat terjadi di desa Kembung Luar, kebun kelapa milik warga setempat ludes dijilat api. Beruntung kebakaran berhasil dipadamkan sehingga tidak meluas ke mana-mana.

Hujan yang sempat turun pagi Sabtu lalu kata Suis cukup membatu, karena lahan-lahan yang sebelumnya kering dan rentan terbakar kembali basah.

Namun hal itu tidak akan berlangsung lama, karena kondisi cuaca sering berubah-rubah.

“Ya dua hari ini agak  mendung juga, tapi sekali-kali panas terik,” ujarnya.

Suis menegaskan, kerja sama yang baik antara semua stakeholder sangat membantu meminimalisir musibah Karhutla.

Terlebih kata Suis, baru-baru ini sudah dilakukan penandatanganan fakta integritas seluruh camat dan para kepala desa untuk bersama-sama menangani persoalan Karhutla. [rdi]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT