Bupati Rohul Komit Perhatikan Ekonomi Petani Karet

Jumat, 23 Januari 2015 - 00:00:17 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Bupati Rokan Hulu (Rohul), Drs. H. Achmad M.Si berkomitmen dalam memperhatikan dan meningkatkan ekonomi petani karet di daerahnya. Hal itu menyusul semakin terpuruknya harga karet petani beberapa tahun terakhir.

Demikian dikatakan Bupati Achmad, Jumat (23/1/2015), saat berkunjung ke Desa Rambah Samo Barat, Kecamatan Rambah Samo. Menurut dirinya, bahwa solusi efektif yang akan dilakukan pemerintah daerah terkait anjloknya harga karet di tengah-tengah masyarakat yakni dengan membuat kelembagaan berbentuk Kelompok Tani (Koptan) di tiap-tiap desa di suluruh wilayah penghasil karet.

Adanya Koptan di setiap wilayah di penghasil karet, Bupati berharap usaha itu nantinya menjadi tempat mengumpul produksi petani, dan Koptan sebagai payung hukum para petani. Selain itu, juga menjadi sumber informasi bagi para petani baik harga, pengelolaan, kualitas dan lainnya.

"Produktifitas karet di Rohul akan lebih mudah bagi pemerintah, untuk mengadakan pematauan bila nantinya ada lembaga masyarakat di tingkat desa yang akan mengakomodir hasil petani tersebut," jelas dia.

Pemkab Rohul juga akan melakukan operasi timbangan para toke dengan melakukan KIR ulang, sehingga para petani tidak dirugikan jika ada timbangan para agen yang tidak beres atau miring.

"Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Dikoperindag) Rohul, nantinya mengumpulkan seluruh toke dan agen, lalu seluruh timbangan mereka akan diperiksa apakah masih stabil atau tidak, jika sudah rusak akan diperbaiki kembali, sehingga nanti para petani tidak ada yang dirugikan," kata Bupati.

Dirinya menambahkan, penurunan harga getah karet dipengaruhi harga dunia, termasuk kualitas getah petani juga perlu ditingkatkan, bahkan ada hasil petani tidak bisa dimanfaatkan.

"Seperti petani yang mencampur hasil getah dengan pupuk itu sama sekali tidak bisa dilolah oleh pabrik getah," tandas Bupati Rohul. [adv-humas]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT