Trik Jitu Cara Merawat Batu Cincin Ala Johny S Mundung

Kamis, 22 Januari 2015 - 00:00:06 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Walau keranjingan atau kecanduan mengoleksi batu cincin sudah merambah kesegala kalangan, tentu untuk mencintai koleksi ini kita harus tahu cara menambah nilai dan harga batu ini.

Mantan Dir Walhi Riau, memiliki sejumlah trik jitu dan berbagi pengalaman untuk menaikkan dan cara merawat batu ini, karena beberapa bulan belakangan untuk menyibukkan diri dia beralih mengkoleksi sejumlah batu, tertutam batu asal Riau, Seperti batu Jangek yang sudah banyak dikenal.

Dimisalkanya sebelum dijual, batu-batu alam atau batu mulia lebih dulu dipermak dengan memberinya perlakuan khusus.

"Dalam dunia perbatuan istilah itu dikenal dengan treatment untuk meningkatkan kualitas, nilai dan keindahan batu, mau tahu saya coba sedikit menguak car yang saya nilai jitu ini," Jelas Johny, Kamis (22/1/15).

Diungkapnya bila permaknya kalau dilakukan secara berlebihan treatment ini justru akan menurunkan sifat asli batu, karena itu proses treatment ini dilakukan secukupnya saja.

"Apa saja istilah dan arti treatmen pada batu permata secara umum itu, berikut penjelasannya," Jelasnya.

Bleaching; pada proses ini digunakan pemanasan, cahaya, atau cairan kimia yang berguna untuk memudarkan atau menghilangkan warna pada batu.

Dyeing atau infusing yaitu proses treatment dengan cara memasukkan bahan pewarna ke dalam batu untuk membuat atau mengubah/memekatkan serta meratakan warna batu.

Filling yaitu proses pengisian pada rongga atau keretakan batu yang tampil ke permukaan dengan bahan cairan tertentu seperti kaca, borax, plastik dan bahan lainnya.

Heating yaitu proses treatment dengan cara menggunakan panas guna memperbaiki, meningkatkan warna, atau menciptakan fenomena pada batu seperti efek bintang atau mata kucing.

Impregnation yaitu proses dengan mengisikan bahan tanpa warna yang terbuat dari plastik untuk mengisi pori-pori batu yang bertujuan menambah daya tahan atau penampilan batu.

Oiling atau infusion yaitu pengisian retakan yang mencapai permukaan batu menggunakan minyak tanpa warna, resin/getah, bahan sejenis lilin atau semacamnya untuk meningkatkan penampilan batu.

Irradiation yaitu proses treatment menggunakan sinar gamma atau neutron atau penembakan elektron dengan tujuan memperbaiki warna pada batu mulia.

Diffusion yaitu proses pelapisan dan pengisian bahan kimia tertentu yang dilakukan pada bawah permukaan batu, serta memanaskannya hingga mencapai suhi tinggi dengan tujuan membuat warna serta efek bintang pada batu.

Waxing atau oiling yaitu proses pengisian pori-pori batu dengan bahan sejenis balsa, lilin tanpa warna, atau sejenis minyak dengan maksud meningkatkan penampilan batu biasanya pada giok atau pirus.(basya)


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT