Batu Bulu Macan yang Langka & Unik, Mustika Asli Indonesia

Rabu, 21 Januari 2015 - 00:00:10 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Salah satu batu akik yang cukup langka dan sangat unik adalah batu bulu macan. Batu bulu macan konon kabarnya adalah mustika asli dari Indonesia yang berasal dari daerah lumajang dan jember propinsi jawa timur. Salah satu keunikan yang paling menonjol adalah corak atau motif pada batu yang menyerupai corak bulu macan.

Batu bulu macan merukan jenis batu akik yang terbilang langka, maka tak heran jika harga batu ini cukup tinggi di karenakan kelangkaannya. Para kolektor dan pecinta batu akik banyak yang memburu batu akik ini apalagi untuk ukuran batu akik yang besar dengan corak bulu macan yang panjang. Batu akik bulu macan ini semakin terkenal ketika mantan presiden RI itu SBY pernah mengenakannya.

Batu akik bulu macan ini ada yang mirip dengan coraknya yaitu batu akik bulu monyet. Untuk membedakan antara batu bulu macan dengan batu bulu monyet ialah, untuk batu warna hitam dengan kilatan emas keabuan merupakan batu akik bulu macan, sedangkan unutk yang berwarna hijau dengan kilatan putih merupakan batu akik bulu monyet. Terkadang para penggemaar batu akik Indonesia menyamakan keduanya sebagai jenis batu akik yang sama.

Perbedaan lainnya antara batu bulu macan dengan batu bulu monyet adalah tingkat kekerasannya, batu bulu macan memiliki tingkat kekerasan yang cukup tinggi di bandingkan dengan batu bulu monyet. Dan keduanya juga memiliki struktur bahan (rought) serta inklusi yang berbeda. Dan jenis batu akik bulu macan adalah Basaltic glass yang akhirnya di beri nama popular dengan sebutan Natural Tiger’s glass.

Demikianlah sajian singkat kami tentang artikel jenis batu akik bulu macan, semoga sajian tersebut bisa sedikit memberikan informasi dan manfaat bagi kita semua. Melestarikan kekayaan alam dan budaya adalah kewajiban kita sebagai warga Negara indonesia. Semoga batu akik bulu macan yang semakin langka ini bisa kita lestarikan dan dapat ditemukan sumber-sumber baru, sehingga kelestarian budaya batu akik ini tidak punah.[pbt]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT