Bupati Gelar Rapat Tim Dalkarhutla & Rencana Aksi Karhutla 2015

Bupati Gelar Rapat Tim Dalkarhutla & Rencana Aksi Karhutla 2015

Metroterkini.com - Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh menggelar rapat pengendalian kebakaran hutan dan lahan (Dalkarhutla) dan rencana aksi Kerhutla Kabupaten Bengkalis 2015 di Lantai IV Kantor Bupati, Rabu (21/1).

Hadir dalam rapat tersebut, Kapolres Bengkalis AKBP A Supriyadi, Kepala Kejaksaan Negeri Bengkalis, Mukhlis, Wakil Bupati Bengkalis, Dandim 0303/Bengkalis Letkol (Arh) Wachyu Dwi Haryanto, Kapolsek, Danramil, lurah dan kepala desa se-Kabupaten Bengkalis, para kepala dinas, badan dan kantor.

Rapat tersebut membahas tentang penanganan dan penagakan hukum Karhutla yang terjadi hampir tiap musim panas.

Sementara para pelaku Karhutla ini ada perorang, tapi juga perusahaan.

"Penegakan hukum terhadap pelaku perseorang tak ada perbedaan, beda dengan koorporasi terdaftar ada hukuman tambahan," kata Kajari Bengkalis, Mukhlis dihadapan para peserta rapat.

Untuk mencegah terjadinya Karhutla, ungkap Mukhlis, para kades dan aparat desa lainnya bersama-sama mendata pemilik lahan.

Sementara itu, Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh menegaskan, secara garis besar ada dua upaya untuk menangani kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), represif dan preventif.

Penanganan kebakaran hutan yang bersifat represif adalah upaya yang dilakukan untuk mengatasi kebakaran setelah Karhutla itu terjadi.

Penanganan refresif, contohnya adalah pemadaman, proses peradilan atau penegakan hukum bagi pihak-pihak yang diduga terkait dengan kebakaran hutan (secara sengaja), dan lain-lain.

Sementara itu, penanganan yang bersifat preventif adalah setiap usaha, tindakan atau kegiatan yang dilakukan dalam rangka menghindarkan atau mengurangi kemungkinan terjadinya Karhutla.

“Jadi penanganan yang bersifat preventif ini ada dan dilaksanakan sebelum Karhutla terjadi. Mencegah terjadinya. Dibandingkan penangan refresif, pencegahan lebih mudah dilakukan. Lebih efektif,” jelas Herliyan Saleh.

Ditambahkan Bupati, salah satu upaya mencegah Karhutla dengan sosialisasi dan advokasi kepada masyarakat. [rdi]

Berita Lainnya

Index