Berjalan Kaki Cara Mudah Hilangkan Stres

Sabtu, 17 Januari 2015 - 00:00:01 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Yang kita tahu, berjalan dapat membakar kalori, mencegah obesitas, dan mengurangi risiko penyakit jantung. Menurut hasil penelitian, berjalan pun dapat membantu menghilangkan stres. 

Anda tidak berlu berlari dengan jarak yang jauh untuk bisa menghilangkan stres. Pasalnya, berjalan pun dapat mengurangi ketegangan dan kecemasan.

American Heart Association menyatakan bahwa jalan dengan tempo yang lambat sambil mengobrol bersama teman, maupun jalan dengan tempo yang cepat dapat mengurangi ketegangan dan meningkatkan ketenangan dalam diri seseorang.

Menurut penelitian, berjalan dapat membuat otak Anda menjadi lebih tenang. Sebuah penelitian di Inggris menemukan bahwa berjalan melalui ruang hijau dapat menempatkan otak ke dalam keadaan meditasi. Dalam kondisi ini, Anda masih dapat bisa memerhatikan sekitar, sembari merenung. Cobalah lakukan latihan meditasi dengan berjalan di salah satu taman favorit Anda untuk menikmati manfaat kesehatan sambil menenangkan pikiran dan meningkatkan kesadaran.

Berjalan-jalan di luar rumah juga dapat mengurangi stres. Sejumlah penelitian menemukan bahwa berjalan di alam terbuka dapat menghilangkan stres, meningkatkan daya ingat dan perhatian. Bahkan walaupun musim dingin, berjalan-jalan di luar dapat meningkatkan memori dan rentang perhatian hingga 20 persen. Berjalan di luar ruangan juga terbukti bisa meningkatkan energi. Cobalah berjalan di luar selama 20-30 menit, beberapa kali dalam satu minggu untuk mengurangi stres dan menyegarkan pikiran Anda.

Seperti olahraga jantung lainnya, jalan cepat juga berfungsi untuk meningkatkan produksi hormon endorfin yang dapat mengurangi stres dan depresi ringan. Olahraga teratur, yang menghasilkan endorfin, juga terbukti dapat meningkatkan suasana hari membuat lebih menghargai diri sendiri.

Berjalan kaki selama 20 menit secara teratur juga terbukti dapat mengurangi kelelahan pada pasien kanker. Para pasien dengan tingkat kelelahan sedang sampai berat menunjukkan penurunan tingkat kelelahan sebanyak 27 persen setelah tiga bulan berjalan. Selain itu, berjalan kaki juga terbukti bisa menghilangkan nyeri.

Untuk bisa merasakan manfaat berjalan kaki, Anda tak perlu sendiri. Berjalan kaki dengan teman atau hewan peliharaan juga terbukti lebih ampuh mengurangi stres dan kadar hormon kortisol. Kontak fisik dengan orang yang dicintai atau hewan peliharaan juga terbukti dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi kortisol. Selain bermanfaat utuk mengurangi stres, berjalan dengan teman-teman juga dapat mempererat ikatan sosial sehingga interaksi sosial bisa lebih baik.[cnn]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT