Tak Miliki Izin, Kebun PT Inecda Plantation di Tutup Pemda

Jumat, 16 Januari 2015 - 00:00:08 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Sekitar 3.000 hektar lahan perkebunan kelapa sawit milik PT.Inecda Platation (PT.IP) di tutup Pemda Inhu. Hal ini terjadi karena pihak PT.IP belum mengantongi tentang Izin Usaha Perkebunan (IUP).

Joko Humas PT.IP Kepada wartawan membenarkan kejadian tersebut. Penutupan produksi kebun perusahaan yang seluas 3.000 hektar tersebut, dilakukan pihak tim Dinas Perkebunan di dampingi Satpol PP.

"Akibat penutupan kegiatan diatas lahan 3.000 hektar itu, menimbulkan kerugian bagi perusahaan. Sebab, banyak pekerja yang perlu diberikan kehidupan di sana, sekaligus tanggung jawab lainnya.”uja Joko.

Lanjut Joko, bila berlarut tidak bisa dilakukan kegiatan dalam lahan kebun kelapa sawit yang tahun tanam 2005, 2006 dan 2007 itu, cukup besar kerugian yang muncul di perusahaan. Sekalipun itu belum ada IUP, tapi Tahun 2000 Hak Guna Usaha (HGU) telah dimiliki perusahaan dengan dasar ganti rugi kemasyarakat jau hari.

"Lahan yang di tutup pihak Dinas Perkebunan tersebut, wilayah pengolahan lahan di Desa Sungai Parit. Sedangkan masyarakat tempatan disana, perusahaan tidak ada gejolak kecuali dengan pihak Pemda karena belum ada IUP perusahaan tentang pengolahan lahan 3.000 hektar tersebut," pungkas Joko.

Terjadinya penutupan kegiatan diatas lahan 3.000 hektar milik HGU PT.IP, dibenarkan Kepala Dinas Perkebunan Inhu melalui Kabid Produksi Paino.SP.”benar penutupan sementara terhadap lahan, karena mereka (PT.IP red) belum mengantongi IUP sesuai aturan dan peraturan tentang perusahaan perkebunan.

Sebab setiap pengolahan lahan perkebunan, telah diatur dalam UU tentang Perkebunan. Jadi wajib perusahaan harus mengantongi IUP apalagi mencapai ribuan hektar.setempat tidak ada masalah. Akan tetapi hasil tindak lanjutnya, masih menunggu pimpinan. [setia]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT